Selingan

Kejutan Jokowi di Shanghai

(Oleh DAHLAN_ISKAN)-INI baru untuk kali kedua saya lihat langsung penampilan Presiden Jokowi. Sabtu, 3/9/2016 di Shanghai. Dalam forum pertemuan dengan masyarakat Indonesia. Di sela2 acara presiden yang padat menghadiri KTT G20 di Hangzhou, satu jam naik kereta peluru dari Shanghai.

Yang pertama setengah tahun lalu, saat presiden menghadiri puncak acara Hari Pers Nasional di Lombok. Kebetulan, saya baru tiba di Shanghai dari AS. Seorang teman mengajak saya menghadiri pertemuan itu. Saya duduk di kursi umum bersama mahasiswa Indonesia yang lagi belajar di Tiongkok. Termasuk sebagian yang dikirim Yayasan yang saya bina.

Saya kira presiden tidak melihat kehadiran saya. Saya kaget, ketika selesai memperkenalkan para menterinya yang hadir, tiba-tiba presiden memperkenalkan kehadiran saya. “Awalnya saya tadi ragu melihat itu Pak Dahlan atau bukan,” kata presiden.

Saya pernah ikut hadir saat Presiden Soeharto bertemu masyarakat Indonesia di Tiongkok. Juga saat Presiden SBY melakukan hal yang sama. Saya bisa mencatat perbedaan suasananya. Yang pertama sangat ketat, yang kedua lebih longgar, dan yang ini sangat longgar.

 

MC-nya M. Farkhan yang terus melucu. Juga pakai band dari Indonesia: Ada penyanyi Tata Janeeta, Ari Lasso, dan yang tak tampil di panggung, Abdee Negara Slank. Presiden menjelaskan kompetisi dan daya saing. Ada slide tentang ranking Indonesia yang kalah oleh negara tetangga.

 

Juga foto lama bank kita, yang dulu lemah, jelek, dengan layanan yang buruk. Setelah dibuka persaingan, bank kita berubah. Masuknya bank asing tidak membuat bank kita kalah. Lalu, ditampilkan foto bank kita yang modern dengan laba Rp 25 triliun (BRI) dan Rp 15 triliun (Bank Mandiri). “Orang kita ini saya tahu persis, harus diberi tantangan,” kata presiden.

Lalu, ditampilkan hal sama di bidang lain. Seperti SPBU Pertamina kumuh sebelum dibukanya SPBU asing. Waktu yang sempit menyebabkan hanya tiga penanya yang dapat kesempatan. Pertanyaan berat datang dari mahasiswa kedokteran. Yang mengkhawatirkan setelah jadi dokter nanti tidak diakui di Indonesia. “Saya sudah tahu persoalan ini,” jawab presiden. “Di tempat lain juga ditanyakan.”

Tapi, kata presiden, ini tidak terlalu menyangkut peraturan pemerintah. Ini lebih banyak karena aturan organisasi dokter. Presiden akan menangani. Di akhir acara, presiden “terjun” ke tengah2 mahasiswa. Berebut lah foto dan selfie. Para menteri seperti Luhut Pandjaitan, Sri Mulyani, Enggartiasto, Erlangga, Pramono Anung, dan Rudiantara bergegas ke acara berikutnya.

Yang juga tidak sama dengan pertemuan serupa di zaman dulu adalah mahasiswa yang hadir. Dulu hampir 100% mahasiswa keturunan Tionghoa yang berkuliah di Tiongkok. Dalam pertemuan kemarin, sepertiga mahasiswi yang hadir memakai jilbab. Itu menandakan sudah begitu banyak santri yang berkuliah di Tiongkok.

Saya banyak bicara dengan mereka. Menggunakan bahasa Mandarin. Sekalian ngetes, hehe, sampai di mana tingkat kepandaian mereka berbahasa Mandarin. Ternyata sudah banyak yang lebih hebat daripada saya.

Tahun ini yayasan yang saya bina kembali mengirim mahasiswa ke Tiongkok. Jumlahnya 160 orang. Banyak di antara mereka dari pondok pesantren. Termasuk dari Pondok Bumi Shalawat Sidoarjo binaan kiai hebat Ali Mashuri. Juga dari Gresik, Pasuruan, Probolinggo, Kaltim, dan Papua.

Presiden tentu iri dengan perkembangan jalan tol, kereta cepat, dan kereta bawah tanah di Tiongkok. Presiden gemas. “Mau bangun kereta cepat hanya 146 km dari Jakarta ke Bandung saja ributnya bukan main,” ujar presiden. “Di sini, satu tahun saja bertambahnya 2.000 km,” katanya.

Ini kedatangan kali ke-3 presiden ke Tiongkok dalam 2 tahun masa jabatannya. Atau kali ke-6 bertemu Presiden Tiongkok Xi Jinping. Belum lagi yang lewat tilpon. “Kalau tilpon2an langsung sih sering banget” katanya. (Agus Suryono; dari grup FB-ILP; sumber dari @Jawa Pos News Network; http://www.jpnn.com/read/2016/09/05/465235/Kejutan-Jokowi-di-Shanghai-)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close