Kesehatan

Lima alat Kesehatan yang sebaiknya ada

Kesehatan yang terjaga berawal dari rumah yang sehat. Selain berpola makan dan bergaya hidup sehat, ada peralatan2 pendukung kesehatan Anda. Peralatan ini bisa digunakan mencegah atau mendeteksi dini faktor risiko terjadinya penyakit. Anda disarankan punya peralatan2 ini. Berikut ini alat pendukung yang sebaiknya ada di rumah Anda:

 

  1. Termometer

Termometer sebaiknya ada di setiap rumah. Alat ini sangat dibutuhkan saat anggota keluarga demam. Tidak ada yang tahu kapan mengalami demam. Maka Anda sebaiknya menyiapkan termometer di rumah. Terutama bagi Anda yang memiliki bayi atau balita. Dengan tahu suhu tubuhnya, Anda akan tahu tindakan apa yang tepat untuk mengatasi demam yang sedang dialami.

 

  1. Timbangan badan

Berat badan merupakan salah satu ukuran kesehatan seseorang. Anda sebaiknya mengontrol berat badan Anda agar terhindar dari obesitas, yang sering menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Sebelum itu, ketahui dulu berapa berat badan ideal, yang sesuai dengan tinggi badan dan usia Anda.

 

  1. Glukometer

Glukometer untuk mengecek kadar gula dara. Alat yang satu ini sebaiknya selalu ada di rumah Anda, terutama bila ada anggota keluarga yang menderita diabetes melitus. Bagi Anda penderita diabetes atau berisiko tinggi untuk mengalami diabetes, sebaiknya memeriksakan kadar gula darah Anda secara rutin.

 

  1. Pengukur lingkar pinggang

Selain berat badan, lingkar pinggang juga menjadi salah satu gambaran kesehatan Anda menyeluruh. Ukur lingkar pinggang Anda secara berkala agar Anda dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Banyak penyakit yang ditimbulkan akibat perut yang buncit.

 

  1. Tensimeter

Selain gula darah, tekanan darah wajib diperiksa berkala. Banyak yang tidak sadar, dirinya bertekanan darah tinggi. Padahal tekanan darah tinggi berkepanjangan menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke. (Rianti Fajar; http://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/5-alat-kesehatan-ini-wajib-ada-di-rumah-5421.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close