Wisata dan Kuliner

Tongseng-Sejarah dan lokasi makan legendaris

KOMPAS.com-Pada perayaan Idul Adha 2016 ini, daging kambing dan sapi biasa diolah jadi beragam hidangan dengan cita rasa nusantara. Di P-Jawa, salah satu olahan daging kambing adalah tongseng. Rasa manis dan gurih yang berpadu daging kambing empuk.

 

Renyahnya kol dan cabai rawit membuat orang ketagihan makan tongseng. Tongseng, kuliner khas nusantara terkenal dari Jateng. Tahukan Anda asal usul tongseng? Tongseng terinspirasi pedagang Timur Tengah ber-abad2 lalu. Abad ke-18-19 banyak saudagar dari Timur Tengah berdagang di Nusantara.

Tongseng menggunakan daging kambing. Perlu keahlian dalam mengolah daging kambing. Jika gagal mengolahnya, makanan akan berbau, alot, dan merusak semua bumbu masakan lain. Bicara soal kemampuan mengolah kambing sebagai masakan, bisa dibilang masyarakat Jateng jagonya. Mengapa?

Tongseng diyakini berasal dari Kecamatan Klego, Boyolali, Jawa Tengah dan kemudian menyebar ke seluruh pelosok nusantara. KompasTravel sempat mencicipi tiga tongseng dari tiga daerah berbeda dan tentunya memiliki rasa yang berbeda pula.

Inilah tiga tongseng legendaris dengan cita rasa istimewa: Menjajal Tiga Tongseng Legendaris Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com-Masyarakat Indonesia tak asing dengan masakan berbahan dasar kambing, tongseng. Tongseng dipercaya berasal dari Boyolali, Jateng dan menyebar ke seluruh pelosok nusantara.

 

Kecap Bango lewat acara Pelestarian Warisan Kuliner Nusantara dengan Sajian Tongseng di Idul Adha,  (30/8/16) memboyong 3 tongseng legendaris ke Restoran Oasis di Jakarta. KompasTravel mencicipi tiga tongseng dari tiga daerah berbeda dan memiliki rasa beda pula. Ini tongseng legendaris bercita rasa istimewa:

 

1-Tongseng Pondok Sate Kambing Muda Pejompongan, Jakarta

Rumah makan yang dibangun 1994 oleh Pak Sukatni ini salah satu pondok sate dan tongseng paling legendaris di Jakarta. Rasa tongsengnya klasik, dengan perpaduan bumbu yang sempurna. Sehingga menimbulkan rasa yang pas, tak ada yang kekurangan atau kelebihan.

 

Daging tongseng berpotongan besar, tapi tetap empuk dan bertekstur mudah dikunyah, Menurut Pak Sukatni, rahasia tongsengnya adalah penggunaan nanas yang dilumatkan saat menumis daging, sehingga daging lebih empuk. Tongseng Pondok Sate Kambing Muda Pejompongan di Jalan Pejompongan Raya Nomor 2B, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

 

2-Tongseng Kicik Pak Jede

Tongseng Kicik Pak Jede dijual di Warung Sate Klatak Pak Jede di Jalan Nologaten 46, Depok, Sleman, Yogya. Warung ini ada sejak tahun 1960-an, dan kini dikelola oleh generasi ketiga. Tongseng kicik, salah satu menu andalan di Warung Sate Klatak Pak Jede memiliki keunikan dibanding tongseng lainnya.

 

Kuahnya sedikit, hampir kering dengan bumbu yang menyerap ke dalam daging. Tak kelak daging memiliki rasa bumbu yang kuat. Keistimewaan lainnya adalah cita rasa manis dari kecap manis mendominasi tongseng kicik. Sehingga sangat cocok bagi Anda para pecinta makanan manis.

 

3-Tongseng Petir Pak Nano

Warung Sate P-Nano terletak di Jalan Ring Road Selatan 90, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul menjual makanan dengan berbagai tingkat kepedasan. P-Nano mewakili tingkat penggunaan cabai pada masakannya dengan tingkatan sekolah yang dimulai dari tingkat PAUD (tak memakai cabai), sampai Profesor (menggunakan cabai lebih dari 50 buah).

 

Tak heran tongseng buatan Pak Nano cenderung pedas, dan cocok bagi Anda pecinta makanan pedas.

Uniknya dibanding dua tongseng di atas, tekstur daging kambing Tongseng Pak Nano lebih halus, karena dipotong lebih tipis. Tekstur justru didapat dari perpaduan kol, tomat, dan cabai rawit yang melimpah ruah.

 

Ketiga tongseng di atas memiliki keunikan rasa yang berbeda. Namun dapat disimpulkan, ketiganya adalah tongseng yang nikmat dan sangat sayang untuk tak dicoba jika Anda berkunjung ke Jakarta atau Yogyakarta.

 

 

(Ni Luh Made Pertiwi F; http://travel.kompas.com/read/2016/09/12/190524427/rahasia.seputar.tongseng.sejarah.dan.tempat.makan.yang.legendaris dan Silvita Agmasari; I Made Asdhiana; dan http://travel.kompas.com/read/2016/09/01/050300727/Menjajal.Tiga.Tongseng.Legendaris.Indonesia)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close