RSS Feed     Twitter     Facebook

10 Sungai terpanjang dan wajib diketahui(5/5)

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 31 views    Font size:
10 Sungai terpanjang dan wajib diketahui(5/5)

8-Sungai Bengawan Solo

Mungkin kamu sudah cukup familiar dengan Sungai Bengawan Solo. Sungai yang namanya dijadikan judul sebuah lagu ini ternyata termasuk ke dalam jajaran sungai-sungai terpanjang di Indonesia. Letaknya di Pulau Jawa, melewati Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

 

Aliran sungai ini berasal dari mata air Gunung lawu menuju Laut Jawa. Sungai ini adalah satu-satunya sungai di Jawa yang menjadi anggota 10 sungai terpanjang di Indonesia.

 

9-Sungai Mamberano

9-Sungai MamberanoSetalah menyusuri sungai terpanjang milik Indonesia yang terletak di Kalimantan, Sumatera dan Jawa, kini kita beralih ke sungai-sungai panjang di Indonesia bagian timur, yaitu Papua. Salah satu sungai terpanjang yang terletak di Papua yaitu Sungai Mamberamo.

 

Panjang sungai ini mencapai 670 km. Mata airnya berasal dari Pertemuan beberapa anak sungai yaitu Sungai Tariku, Sungai Taritatu dan Sungai Daalen. Sedangkan hilir dari sungai ini berada pada Samudera Pasifik.

 

10-Sungai Digul

10-Sungai DigulSungai lain yang terletak di Papua dan menjadi salah satu sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Digul. Panjang dari sungai ini mencapai 525 km dengan mata air dari pegunungan Maoke dan berhilir di laut Arafuru. Dengan demikian, tercatat bahwa Pulau Papua telah menyumbangkan dua sungai besar ke dalam asset Indonesia. Tamat ……………; (http://anekatop10.com/10-sungai-terpanjang-di-indonesia-yang-wajib-kamu-ketahui/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code