Iptek dan Lingk. Hidup

Hujan-Banjir-Lingkungan hidup(1/5)

Jakarta-Hujan deras yang merata di bagian hulu dan tengah sungai Bengawan Solo, Jateng dan Jatim berdampak naiknya debit air hingga menyebabkan banjir. Sebanyak 6.979 rumah di Bojonegoro dan Tuban dikabarkan terendam banjir yang melanda sejak 29/11/16.

KapusdataInfo dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, hingga hari ini pukul 08.00 WIB, posisi tinggi muka air S-Bengawan Solo di Bojonegoro mencapai 15.02 meter.

“Tercatat genangan banjir di Bojonegoro meluas di 51 desa dan 10 kecamatan dari total 28 kecamatan, antara lain kec-Bojonegoro, Kalitidu, Dander, Trucuk, Kapas, Balen, Sumberejo, Kanor, Baureno, dan Trucuk. Tercatat 3.410 rumah terendam banjir, seorang tewas dan 156 jiwa mengungsi di Gedung Serba Guna Jalan KH Mas Mansyur,” jelas Sutopo.

Banjir ini juga menyebabkan tanggul Kali Ingas di Desa Pucangarum Kec-Baureno Kab-Bojonegoro pada Kamis pukul 10.00 WIB ikut jebol karena banjir, sehingga menyebabkan 3.703 hektar sawah terendam banjir. Kerugian ditaksir Rp 24 miliar.

“Luapan S-Bengawan Solo menyebabkan banjir di wilayah kab-Tuban sejak 26/111/16 dan menyebabkan 3.569 rumah tergenang banjir, jalan tergenang 61.065 meter, dan lahan pertanian terendam 2.111  HA. Ditaksir kerugian dan kerusakan akibat banjir ini Rp 9 miliar,” kata Sutopo.

BPBD Kab-Bojonegoro dan Tuban bersama BPBD Prop Jatim, Balai Besar Bengawan Solo, TNI, Polri, Basarnas, Tagana, PMI, SKPD, relawan dan masyarakat melakukan penangan darurat. BPBD kab-Tuban mendirikan posko lapangan di 5 kecamatan dan pendirian dapur umum bagi korban bencana.

“Pemberian bantuan sembako kepada sebagian korban bencana. BPBD dan Dinas PU Bojonegoro menutup 56 pintu darurat di tanggul barat dan utara. Disediakan 24 ribu kantong berisi pasir yang ditumpuk di pintu2 darurat serta tanggul desa yang terdampak banjir. Pintu darurat yang ditutup karung pasir dijaga polisi, tentara dan hansip,” jelasnya.

Bupati Tuban telah menetapkan keadaan darurat bencana banjir sejak 28 November hingga 3 Desember. Penggunaan anggaran dari pos Biaya Tak Terduga dari Pemda Tuban masih diproses untuk penanganan darurat.

Meluapnya S-Bengawan Solo menyebabkan banjir di Kab-Gresik. Sebanyak 17 desa di Kec-Dukun dan Bungah terendam banjir. Di Kab-Trenggalek, hujan deras juga meyebabkan jalan raya penghubung Trenggalek-Pacitan Km 41 di Dusun Kapit Desa Cakul Kec-Dongko Kab-Trenggalek amblas 10 meter dan lebar 2 meter.
(rni/idh; Rini Finastuti; https://news.detik.com/berita/d-3360391/bengawan-solo-meluap-6979-rumah-di-bojonegoro-dan-tuban-terendam-banjir)-FatchurR

Catatan : Berita Banjir ada di beberapa kota akhir2 ini; termasuk Kota dan Kabupaten Bandung (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close