Aku cinta Indonesia

KAI Uji Kereta barang Sei Mangkei-Pelabuhan Belawan

Jakarta – Pembangunan jaringan rel KA di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei adalah bagian dari pembangunan infrastruktur penting yang selesai dikerjakan Pemerintah. Adapun jalur rel ini menghubungkan KEK Sei Mangkei ke jalur KA eksisting di Stasiun Perlanaan–Medan–Belawan.

Medan, Senin (5/12/2016), PT KAI meng-uji coba operasional KA peti kemas dari KEK Sei Mangkei ke Pelabuhan Belawan berupa satu rangkaian yang terdiri dari satu unit lokomotif CC201 dan 11 gerbong datar 22 TEUs dengan jarak tempuh 139 km dan waktu tempuh 256 menit.

Uji coba operasional KA ini disaksikan Direktur Sarana Perkeretaapian Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, Hotma P. Simanjuntak; Dirjen industri logam, mesin, alat transportasi dan elektronika, I Gusti Putu Suryawirawan; Kepala Bappeda Sumut, Arsyad; dan Bupati Simalungun, JR. Saragih, dan jajaran masing2 di Stasiun Sei Mangkei.

“Dengan dioperasikannyaKA barang penghubung KEK Sei Mangkei ke Pelabuhan Belawan dan ke Pelabuhan Kuala Tanjung, diharap mendorong kelancaran arus distribusi barang khususnya angkutan logistik. Yang akhirnya  berkontribusi pada perekonomian wilayah Sumatera,” ujar Direktur Komersial dan TI PT KAI, M. Kuncoro Wibowo (5/12/16).

Untuk tahap awal uji operasi, lintas Sei Mangkei-Belawan akan dilayani satu KA berkapasitas angkut maks 30 TEUs. KAI juga menandatangani MoU dengan PTPN III dan PT Pelindo I untuk melakukan kerja sama pengangkutan barang menggunakan KA dari KEK Sei Mangkei ke Pelabuhan Belawan atau Pelabuhan Kuala Tanjung.

MoU ditandatangani Direktur Komersial dan TI KAI, M. Kuncoro Wibowo; Dirut PTPN III, Elia Masa Manik; dan Direktur SDM PT Pelindo I, M. Hamid setelah pelaksanaan ujicoba operasional KA peti kemas lintas Sei Mangkei-Belawan di Stasiun Sei Mangkei.

“Dengan ditandatanganinya MoU, kami sepakat bersinergi mendukung perekonomian dengan mempercepat arus barang. Dengan angkutan massal KA, distribusi barang lebih cepat dan mengurangi macet, polusi, dan beban jalan raya. Kami lihat ada potensi2 dari industri di KEK Sei Mangkei yang dapat menggunakan jasa KA untuk pendistribusian produknya,” ujar Kuncoro.

Beberapa potensi dari industri di KEK Sei Mangkei yang dapat diangkut dengan kereta api diantaranya crude palm oil (CPO), sawit, dan sebagainya. (wdl/wdl; Wahyu Daniel; https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3362538/kai-uji-coba-kereta-barang-dari-sei-mangkei-ke-pelabuhan-belawan)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close