Iptek dan Lingk. Hidup

Serial sampah(3/8)- Sampah dan manfaatnya

Sampah , segala bentuk benda yang bisa terurai atau tidak, yang tidak digunakan oleh manusia. Dari pengertian ini bisa disimpulkan sampah tidak terbatas benda baru / lama. Ketika benda tidak disimpan atau digunakan maka ia bisa disebut sampah. Umumnya dibuang ke tempat pembuangan, dibakar atau ditumpuk ditempat pembuangan sementara.

 

Sampah, masalah lingkungan yang tak pernah usai. Makin modern kehidupan manusia, kuantitas sampah makin meningkat. Itu terlihat dari kecenderungan meningkatnya produksi sampah di perkotaan seiring meningkatnya jumlah penduduk. Rata2 tiap orang / hari menghasilkan 1-2 Kg sampah.

 

Dikenal dua jenis sampah : sampah organik dan anorganik. Sampah organik yaitu jenis sampah yang bisa diurai oleh mikroorganisme pengurai. Contohnya sisa-sisa sayur, buah, dedaunan dan sejenisnya. Sampah organik dikenal dengan istilah sampah basah. Jenis yang kedua yaitu sampah anorganik.

 

Sampah anorganik yaitu jenis sampah yang sulit atau tidak bisa diuraikan mikroorganisme pengurai, hingga berpotensi merusak lingkungan. Contoh sampah plastik, beling, seng, kaleng dan sejenisnya. Sampah anorganik dikenal dengan istilah sampah kering.

 

Sampah jika tidak dikelola berpotensi merusak lingkungan. Mengakibatkan pencemaran pada tanah, air atau udara. Tetapi jika dikelola dengan baik, sampah2 itu memungkinkan dimanfaatkan dalam bentuk aslinya atau melalui proses pengolahan atau daur ulang. Berikut beberapa manfaat sampah :

 

1-Bahan dasar pembuatan pupuk organik

Sampah organik adalah bahan dasar utama pembuatan pupuk organik. Jadi, sampah2 organik yang dihasilkan RT seperti sampah dapur tidak ada salahnya dikumpulkan di suatu tempat. Diolah menjadi pupuk organik.

 

Sampah dapur bisa diolah jadi pupuk organik (misalnya kompos) atau pupuk organik cair. Namun, sampah RT lebih disarankan diolah jadi pupuk organik cair. Mengapa? Karena sampah RT kuantitasnya sedikit, namun selalu kontinyu atau terus menerus dihasilkan.

 

2- Cara mengolah sampah organik RT jadi pupuk cair

Cara mengolahnya  sederhana. Teknisnya bisa Anda temukan di buku2 yang membahas tentang ini. Salah satu buku yang direkomendasikan yaitu buku “Membuat Pupuk Kompos Cair” terbitan Agromedia.

 

3-Pakan ternak

Sampah organik : Dedaunan yang hijau, sisa sayur dan buah bisa digunakan pakan ternak. Pastikan dulu dedaunan atau sisa sayur dan buah itu aman dan disukai ternak Anda. Karena, tidak mungkin memberi sisa dedaunan pada ayam? Tentu harus sesuai juga dengan kebutuhan dan keinginan ternak.

 

Bahan dasar kerajinan kreatif

Sampah dan barang2 bekas masih bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar berbagai kerajinan tangan kreatif. Misal kertas plastik pembungkus sampo, deterjen, pewangi pakaian bisa dibuat jadi tas atau dompet cantik. Plastik bekas pembungkus permen bisa disulap jadi dompet unik. Contoh lain styrofoam bisa dikreasikan jadi bunga, hiasan dinding atau mainan anak.

 

Bungkus rokok juga bisa dikreasi jadi pot bunga dan hiasan dinding dan banyak contoh lain. Bagaimana proses kreatif untuk membuatnya? Anda bisa menemukan cara membuat berbagai kerajinan sederhana dari sampah dan barang bekas dari internet atau buk2 kerajinan.

 

4-Wadah alternatif

Sampah2 berbentuk wadah seperti kaleng bekas minuman, botol beling, kaleng biskuit dsb bisa dialih fungsikan jadi wadah alternatif. Agar lebih menarik, Anda bisa ukir, lukis atau menghias wadah itu. Contoh sederhana kaleng bekas minuman atau kaleng sarden. Bisa disulap jadi wadah tempat penyimpanan pensil yang unik. Bisa dengan mengukir / menyampul dengan kertas kado.

 

Contoh lain kardus bekas bisa disulap jadi box penyimpanan barang. Terlebih dulu box itu ditutup kertas kado, atau kertas hias lain. Berikan sentuhan kreasi tertentu agar menarik. Plastik bekas warna menarik (pink, merah, putih, hijau, kuning, biru) bisa dikreasi membentuk bunga menarik. Dan banyak contoh lain.

 

5-Bahan dasar pembuat Batako

Anda tau styrofoam? Styrofoam yang tak digunakan sering jadi sampah dan dibuang. Kita tau, styrofoam jenis sampah yang merusak lingkungan karena tidak bisa diurai oleh mikroorganisme pengurai di dalam tanah. Ternyata styrofoam ini bisa dijadikan sebagai bahan campuran untuk membuat batako.

 

Uniknya, batako yang dihasilkan lebih ringan dan tidak menyerap air, hingga jika dipakai untuk bangunan / tembok, batako ini mencegah rembesan air hujan ke rumah. Teknologi ini ditemukan sekelompok siswa SMK di Riau (info dari Riau Pos cetak). Kekuatan batako untuk bangunan belum teruji, minimal hal ini memberi alternatif pengelolaan sampah styrofoam.

 

Demikian beberapa manfaat sampah. Semoga bisa jadi referensi bagi yang ingin mendapat manfaat dari sampah. Sampah berpotensi besar member untung materi jika dikelola dengan baik. (/list; http://infomanfaat.com/799/manfaat-sampah-bagi-kehidupan/lingkungan)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close