TELKOMGrup dan SEKAR

Telkom mendukung Smart Government Solok Selatan

JAKARTA (IndoTelko)-TELKOM siap mendukung Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menjalankan smart government untuk memberi pelayanan publik yang maksimal bagi masyarakatnya.

 

“Dalam kunjungan Bupati Solok Selatan H. Muzni Zakaria, M. Eng ke Living Lab Smart City Nusantara belum lama ini beliau memberi testimoni Solok Selatan Menuju Smart Government. Kami siap merealisasikan niat dari Pak Bupati itu,” ungkap Koordinator Living Lab. Smart City Telkom Indonesia Imanuddin, di Jakarta (8/12).

 

Diungkapkannya, Pemkab Solok Selatan telah menanda-tangani MoU dengan Telkom Regional I untuk menjalankan smart city. “Fokus pertama Solok Selatan adalah di sisi konektifitas. Kita instalasi infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam rangka mendukung connectivity implementasi Smart City di Solok Selatan,” katanya.

 

Kedepannya, akan disiapkan solusi smart city nusantara (SCN) yang mengedepankan kearifan lokal sesuai dengan Zona Smart Government, Smart Industry dan Smart Citizen. “Ini semua sesuai konsep SCN yang selalu beradaptasi dengan kearifan lokal. Satu smart city, satukan nusantara,” tutupnya.

 

Telkom Smart City Nusantara terdiri dari  Digital Broadband Infrastruktur sebagai platform dasar dan 7 Vertical Solution yang terdiri dari : Smart Government, Smart Education, Smart healthcare, Smart Security, Smart Transportation, Smart Environment dan Smart Citizen. (Baca: Smart City Nusantara)

 

Adanya 7 solusi vertikal ini maka ciri khas dan keragaman daerah tetap dilakukan dan implementasikan dengan baik.  Kelebihan lain dari konsep smart city nusantara : Mengadopsi platform dan berbagai aplikasi smart city dari pengembang aplikasi lokal yang paham dan spesifik dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia.

 

Smart City Nusantara milik Telkom banyak diadopsi Pemda di Sumbar, salah satunya Kota Pariaman. Fokus untuk Pemkot Pariaman akan menerapkan 6 solusi smartcity yaitu Hi City yang berisikan Info nama kota, Kecamatan, Desa/Kelurahan, info restoran. Mall. Rumah Sakit, Puskesmas Mall, termasuk info tempat wisata dan yang menarik lainnya.

 

Solusi e-kelurahan/desa, e-puskesmas, dan e- pelaporan. Sosial media analytic untuk memantau isu yang berkembang di masyarakat/bisa digunakan sebagai media survei untuk melihat respon masyarakat terhadap kebijakan yang dibuat Pemerintah Kota dan sentiment masyarakat.

 

Terakhir, Command center untuk monitor kondisi kota dengan memakai sensor di kota Pariaman pada beberapa titik penting.(im; http://www.indotelko.com/kanal?c=bid&it=telkom-smart-government-solok-selatan)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close