Islam

Batil (TA 183)

Ada beberapa pengertian dari ulama2 mengenai istilah batil, dalam ibadah dan dalam muamalah. Batil bisa dipakai dalam pengertian batal, yaitu mengerjakan ibadah tak sesuai rukun atau syaratnya. Dalam pengertian ini, lawan batil adalah sah, atau sesuai rukun dan syaratnya.

Dalam pengertian lain, batil sebutan bagi orang2 yang mendustakan kebenaran dan membenarkan yang dusta. Orang curang, yang tidak berani mengakui kesalahannya, malah melemparkan kesalahan ke orang lain. Orang bathil, yang ambil keuntungan sendiri dan tidak peduli mempersulit orang lain. Orang yang sengaja menyakitkan hati orang lain.

Perbuatan batil seolah mendapat jalan yang luas bebas hambatan di dunia sos-med. Dengan mudah orang menyiarkan fitnah atau foto2 tentang hal2 yang sengaja merugikan, merendahkan, menyakitkan dan merendahkan reputasi orang lain.

Orang2 demikian itu, adalah yang sengaja merugikan diri sendiri karena Allah akan memberikan jalan2 yang mudah untuk mendapatkan kesulitan. Hidupnya akan mengalami kesulitan demi kesulitan tak henti2nya. Allah justru mempermudah mereka mendapatkan kesulitan di dunia ini. Nauzubillahi min zaliq. (Sadhono Hadi; dari grup FB ILP)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close