Opini dan sukses bisnis

Membuat pupuk Organik

(Membuat MOL dan ZPT dan pupuk organik dari cacing tanah)-Penelitian di Ohio, AS  membuktikan pemberian pupuk kascing pada tanah bekas tambang dapat meningkatkan kadungan kalsium 19% dan P tersedia jadi 165%.

 

pupuk kascingEdwards dan Lofty (1977) ahli biologi New York  menyimpulkanan tanah bekas cacing bermanfaat bagi tanaman karena yang dicerna cacing tanah dikembalikan lagi ke tanah. Cacing meningkatkan mutu tanah karena kascing mengandung komponen biologis  dan komponen khemis. Komponen biologis bakteri Achnomycetes, jamur dan zat pengatur tumbuh (giberellin, sitokinin dan auksin).

 

Seperti diketahui Giberellin : membantu  pertumbuhan tunas embrio, membantu perkecambahan embrio, merangsang  pembentukan enzim amilase, maltase dan pemecah protein, membantu pembentukan biji, memunculkan buah tanpa biji, membantu memecah senyawa amilum menghasilkan senyawa glukosa, mengubah pohon kerdil jadi pohon normal.

 

Fungsi hormon auksin : membantu proses tumbuhnya buah, membantu proses pembelahan sel pada tumbuhan, mematahkan domiansi pucuk (dominasi membuat pucuk tidak  tumbuh), mempercepat perkecambahan dan dominansi buah, membantu proses pertumbuhan.

 

Fungsi hormon sitokinin  meningkatkan pembelahan sel dan meningkatkan perkembangan  tumbuhan, mengatasi daun yang menguning dan berlubang jadi tumbuh normal. Komponen biologis  dalam kascing itu diperkaya kandungan kimiawi ca (kalsium), mg (magnesium), cu, Zn, fosfor, kalium, NA, Mn, Bo, Fe karbon dan N Nitrogen.

 

Selain  sisa makanan cacing (kascing), cacing bisa dimanfaatkan dengan cara dibuat mol. Mol adalah mikro organisme lokal , bahan pengurai pembuat  pupuk organik jadi sebagai dekomposter melapukkan  bahan2 tumbuhan. Tetapi mol bisa juga dimanfaatkan sebagai pupuk organik cair, yang aplikasinya disemprotkan pada tanaman, atau dikocorkan.

 

Cara membuat Mol Cacing

– Siapkan wadah berupa drum

– Siapkan bahan seperti sekam 1 kg, kapur pertanian 1 kg, kotoran ayam 10 kg, urin sapi 10 l, air kolam 250 l, bekatul 1 kg, ekstrak ( cacing yang sudah dilembutkan 1kg ), rumen sapi 5 kg.

 

-Semua bahan itu dicampur dalam air kelapa dan gula jawa.

-Tutup rapat kemudian lima belas hari lagi bisa digunakan.

Pembuatan mol dianggap berhasil jika berbau seperti tape. (G. Prasanta Magelang; https://pupukkascingmagelang.blogspot.co.id/2016/10/membuatmol-dan-zpt-dan-pupuk-organik.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close