Opini dan sukses bisnis

Mengenal sekam bakar(2/3)

Bahan dan langkah pembuatan

Siapkan bahan dan alat yang perlu, perkirakan hari tidak akan hujan jika membuat di ruang terbuka karena pembuatan sekam bisa ber-jam2.
1-Sekam padi kering, dapat diperoleh di tempat penggilingan padi.
2-Kawat ram atau strimin ukuran kecil, banyak dijual di toko besi atau toko bangunan biasa untuk mengayak pasir halus.
3-Sisa2 kertas koran atau kardus, untuk pengapian awal yang bagus dapat digunakan juga batok kelapa.

Pengganti ram kawat bisa dibuat dengan menumpuk 2-3 buah kaleng roti biskuit yang terbuat dari seng dengan terlebih dahulu dilubangi banyak2 pada sisinya.

 

Membakar sekamKita buat instalasi cerobong ruang untuk memproses pembakaran. Potong kawat ram segi empat,   bentuklahjadi silinder. Ukuran disesuaikan banyaknya sekam yang akan dibakar. Setelah selesai letakkan ditempat ajang pembakaran, pilih tempat yang kering dan datar.

 

Timbun sedikit sekam dikeliling cerobong, masukkan kertas koran atau serpihan kardus ke lubang cerobong dan dibakar. Tambah gundukan sekam disekeliling cerobong setelah api menyala dan merembet ke sekam bagian bawah. Biasanya ada kesulitan jika cerobongnya terlalu sempit dan  api tidak segera menyala stabil.

 

Metode lain, buat gundukan sekam melingkar, ketebalan beberapa centimeter. Setelah itu di-tengah2 gundukan nyalakan api dengan potongan kayu, kertas dan batok kelapa. Setelah api menyala stabil dan bara menyebar rata ke sekam di sekeliling pusat pembakaran awal. Baru pasang cerobong dan ditambahkan sekam di sekelilingnya sedikit2 hingga naik ke atas membentuk piramida.

 

Saat proses pembuatan berlangsung panas api dari cerobong akan merambat dari dalam keluar dan menghanguskan gundukan sekam perlahan. Jika api penyala mati tidak perlu tambah kayu atau koran, karena proses berjalan dengan bara sekam merambat dan proses ini berlangsung beberapa jam. Satu karung besar sekam biasanya perlu 3-4 untuk jadi arang

 

Cerobong dari kawat selain untuk menahan sekam bagian luar agar tidak jatuh ke dalam api penyala,  juga  berfungsi untuk pertukaran udara proses pembakaran, sehingga tidak terlalu menjejali cerobong dengan kayu yang menghambat udara masuk.

 

Jika bagian luar mulai menghitam, bolak-balik sekam dengan sekop agar sekam yang berwarna kuning  terbakar. Setelah rata, hentikan pembakaran dengan menyiram air merata agar sekam bakar tidak jadi abu. Sekam bakar siap digunakan untuk campuran media tanam, campuran kompos atau bokasi.

 

Selain membuat sendiri, sekam bakar mudah diperoleh di kios2 bunga tepi jalan. Harganya murah Hati2 campuran bahan lain namun biasanya tercampur abu sisa pembakaran. Untuk memisah arang sekam bakar dengan abu, bisa dilakukan proses pengayakan atau penyaringan. Bersambung; Penggunaan arang sekam …….;  (https://daunijo.com/cara-membuat-media-sekam-bakar/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close