Kesehatan

Orang cerdas tidur lebih larut

Kompas.com-Sering terjaga hingga larut malam? Itu bisa jadi tanda kecerdasan. Ilmuwan Inggris temukan kaitan antara yang menikmati gaya hidup nokturnal dan kecerdasan mereka.

 

Studi berjudul Why Nights Owl are More Intelligent itu menemukan yang melek hingga larut cenderung lebih cerdas dibanding yang tidur lebih cepat. Mereka menemukan anak yang tidur lebih larut cenderung berkembang jadi dewasa cerdas.

 

Hasilnya berdasar konsep, orang cerdas cenderung mengadopsi nilai2 evolusioner, seperti tidur lebih larut. Nenek moyang kita secara tradisional tidur dan bangun pagi. Mengubah pola tidur menunjukkan kita mampu mengadaptasi jadi kehidupan modern.

 

Tapi, itu bukan satu2nya manfaat dari tidur larut. Studi lain membuktikan selain cerdas lebih tinggi, mereka cenderung lebih makmur. Para ahli  University of Madrid melakukan tes pada 1.000 orang remaja dan menemukan mereka yang  tidur lebih larut menunjukkan sejenis kecerdasan berhubungan dengan pekerjaan bergengsi dan pendapatan lebih tinggi.

 

Bukan berarti bangun pagi tidak ada manfaatnya. “Orang pagi” sering hasil ujiannya lebih baik. Mungkin karena pelajaran ditangkap pada waktu yang salah di kalangan “orang malam”. (Dotothea; Lusia Kus Anna; Daily mail; http://health.kompas.com/read/2017/01/26/211900423/orang.cerdas.senang.tidur.lebih.larut.)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close