Kesehatan

Penyakit Infeksi yang sering dialami kakek nenek(1/2)

Jakarta-Sedikit Lansia sadar pentingnya vaksin baginya. Padahal imunitas tubuh turun sehingga penyakit infeksi mudah menyerang. Ketua Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI) Prof. Dr dr Siti Setiati, SpPD-KGeR, MEpid, FINASIM, mengatakan usia (70) kondisi imunitas tubuh sangat turun bahkan influenza saja bisa fatal.

Infeksi napas sampai pencernaan, penyakit2 ini perlu mendapat perhatian lebih oleh lansia seperti dikatakan dr Siti dalam peringatan Hari Lanjut Usia di Hotel Double Tree, Cikini, Jakarta, Kamis (21/5/15).

 

1-Infeksi saluran kemih

Biasanya lansia pria dikatakan dr Siti banyak yang menggunakan kateter urine. Ketika pria tambah tua ada kemungkinan prostatnya mengganjal saluran kencing dan harus dipasangi selang yang kemudian bisa juga menambah kemungkinan infeksi.

Pada wanita infeksi kemih lebih rawan lagi karena secara anatomi dubur dekat dengan saluran kencing. Hal ini membuat kemungkinan bakteri penyebab infeksi berpindah dari dubur ke saluran kencing menjadi lebih besar.

 

2-Infeksi kulit

Herpes zoster salah satu contoh penyakit infeksi kulit yang umum menyerang lansia. Penyakit ini disebabkan  virus yang sama dengan cacar air seperti dikatakan oleh dr Siti. “Orang yang kena herpes zoster pasti pernah kena cacar air,” kata dr Siti.

“Herpes zoster ini disebabkan virus varicella zoster yang aktif kembali setelah berdiam di sistem saraf dan menetap di dalamnya. Virus ini sama dengan penyebab cacar air,” pungkasnya.

Penyakit dapat muncul kapan saja tanpa peringatan karena daya tahan tubuh yang melemah. Bersambung…..; Firdaus Anwar; https://health.detik.com/read/2015/05/21/165444/2921349/763/lima-penyakit-infeksi-yang-sering-menyerang-kakek-nenek)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close