Psikologi

Untuk para ortu yang akan ambil raport

Anak anak kita yg masih sekolah dan sdh selesai UTS, INI Surat seorang Kepsek ke ortu murid/siswa : Kepada Para Orangtua, Ujian anak Anda telah selesai. Saya tahu Anda cemas dan berharap anak Anda berhasil dalam ujiannya.

 

Tapi, mohon diingat, di tengah2 para pelajar yang menjalani ujian itu, ada calon seniman, yang tidak perlu banyak mengerti Matematika. Ada calon pengusaha, yang tidak butuh pelajaran Sejarah atau Sastra. Ada calon musisi, yang nilai Kimia-nya tak akan berarti.

 

Ada calon olahragawan, yang lebih mementingkan fisik daripada Fisika di sekolah. Ada calon photografer yang lebih berkarakter dengan sudut pandang art berbeda yang tentunya ilmunya bukan dari sekolah ini. Sekiranya anak Anda lulus menjadi yang teratas, hebat.

 

Tapi bila tidak, mohon jangan rampas rasa percaya diri dan harga dirinya. Katakan : “tidak apa2, itu sekedar ujian.” Anak2 itu diciptakan untuk sesuatu yang lebih besar dalam hidup ini. Katakan padanya, tidak penting berapapun nilai ujian mereka, Anda mencintai mereka dan tak akan menghakimi mereka.

 

Lakukanlah ini, dan di saat itu, lihatlah anak Anda menaklukkan dunia. Sebuah ujian atau nilai rendah takk ban mencabut impian dan bakat mereka. Dan mohon, berhentilah berpikir bahwa hanya dokter dan insinyur yang bahagia di dunia ini. (Djohan Noor Sa; dari grup WA-78 http://picbear.com/marthinaselly)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close