RSS Feed     Twitter     Facebook

Mendeteksi Kanker paru

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 24 views    Font size:
Mendeteksi Kanker paru

Di Indonesia, 70% kanker terdeteksi distadium lanjut. Kanker paru itu salah satu penyebab kematian utama akibat kanker. 85% – 95% kanker paru bertalian kebiasaan merokok. Penderita kanker paru baru cari pelayanan kesehatan dan berusaha memeriksakan diri saat kondisi kanker mencapai stadium lanjut.

 

Mengapa demikian? Karena masyarakat umumnya baru pergi ke dokter bila ada keluhan sehingga ternyata kanker sudah di stadium lanjut. Kanker sebenarnya dapat dideteksi secara dini. Semakin dini terdeteksi maka makin cepat kanker dapat diatasi tuntas dengan tindakan-tindakan tertentu seperti operasi, kemoterapi dan radioterapi.

 

Dari segi biaya, tesdeteksi dini untung karena makin dini terdeteksi, makin kecil biaya penyembuhan. MenurutĀ Cancer Council Australia, prinsip pemeriksaan skrining untuk kanker adalah bertujuan untuk mengidentifikasi penderita kanker yang beresiko atau dicurigai.

 

Pemeriksaan skrining bertujuan untuk menemukan kelainan seperti kanker sedini mungkin. American CancerSocietymemilikipanduanskrininguntukindividudenganrisikotinggikankerparuakibatmerokok.

 

Jika anda memenuhi kriteria berikut ini, anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter :

  • Riwayat merokok min 30 pak / tahun, masih merokok sampai sekarang atau berhenti merokok dalam waktu 15 tahun terakhir
  • Lebih dari 30 tahun merokok atau perokok pasif
  • Usia di atas 50 tahun

 

Pemeriksaan yang dianjurkan untuk deteksi dini kanker paru adalah foto roentgen dada dan sitologi sputum. Jika terdapat kelainan, dokter akan menganjurkan pemeriksaan lain sepertiĀ  CT Scan.

 

PencegahanKankerParu…

 

Gejala kanker paru adalah :

1-Batuk yang tidaksembuh- sembuh> 2 bulan

2-Perubahansuara / suaraserak

3-Batukberdarah

4-Leherbengkak

5-Sesak

6-Nyeri dada

 

Tidak jarang, gejala yang pertama dilihat adalah gejala di luar paru yang dikenal sebagai gejala tidak khas pada kanker, yaitu :

  1. Berat badan berkurang
  2. Nafsu makan menjadi berkurang
  3. Demam hilang timbul dalam waktu yang lama

 

Konsultasikan ke dokter jika mempunyai gejala di atas disertai dengan faktor risiko merokok yang berat> 30 pak dalam setahun, merokok atau perokok pasif (terpapar asap rokok lebih dari 1 jam per hari) selama lebih dari 30 tahun.

 

Kanker paru stadium dini biasanya tak menunjukkan tanda atau gejala. Pencegahan itu jalan tepat untuk mengurangi risiko kanker paru ini. Pencegahan utama adalah berhenti merokok. Lakukan pola hidup sehat dengan mengatur pola makan yang baik dan ber-OR rutin. Mulai sekarang. Ingatlah yang tersayang. (Tim Newsletter; dan Allen W-YakesTel)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*