Wisata dan Kuliner

Revitalisasi tiga desa adat di Danau Toba

Liputan6.com, Jakarta-Tiga desa adat di Bona Pasogit, Sumut  di kawasan Danau Toba mulai direvitalisasi. Mengusung misi menjadikan desa adat sebagai penopang pariwisata, kawasan ini  disiapkan jadi 10 Bali Baru.

Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kemenpar, Hiramsyah Thaib, menurut info yang diterima Liputan6.com (14/2/17) mengatakan, “Ada tiga desa adat mulai direvitalisasi, yaitu Desa Adat Ragi Hotang di Meat, Kec-Tampahan, Kab-Tobasa, Desa Adat Hutagaol Sihujur di Keca-Silaen, Kab-Tobasa, dan Desa Adat Rumah Bolon Gunung Malela di Kab-Simalungun.”

Revitalisasi tiga desa adat ini dinilai sangat penting, mengingat ada sekitar 4.000 rumah adat di seluruh Tobasa yang punya desain arsitektur unik. Desain ukiran dan ornamen khas warna merah, hitam, dan putih yang menampilkan pandangan kosmologis dan filosofis budaya Batak, kerap dikagumi wisatawan mancanegara yang datang.

“Ini adalah kolaborasi yang pas. Kemendikbud dan pariwisata bersinergi merivitalisasi desa adat. Budaya itu sangat perlu dilestarikan. Makin dilestarikan, makin mensejahterakan,” kata Hiramsyah.

Terkait hal ini, Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan, budaya dan pariwisata menjadi bagian yang tak terpisahkan. Pembangunan desa adat yang jadi program prioritas nasional merupakan upaya agar masyarakat terus bisa melestarikan adat dan kebudayaan yang mereka miliki.

“Nanti saat banyak tamu, orang banyak belajar tentang sejarah, atau adat di sekitar kawasan Danau Toba. Itu yang kita harapkan,” ungkap Hilmar.

Revitalisasi desa adat sendiri dilakukan dengan membangun fisik rumah adat. Setelah direvitalisasi, masyarakat diharapkan bisa mengembangkan desa adat sebagai objek wisata yang layak.

“Kegiatan-kegiatan adat juga bisa dilakukan di lokasi Desa Adat ini. Pariwisata hidup, budaya juga tetap lestari,” kata Hilmar. (Ahmad Ibo; http://lifestyle.liputan6.com/read/2856215/persiapan-revitalisasi-3-desa-adat-danau-toba-menjadi-bali-baru)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close