Aku cinta Indonesia

Bantaran Kali Cikapundung bakal keren

Jakarta-Tahun 2017 ini Pemkot Bandung merevitalisasi Sungai Cikapundung sepanjang 1 Km di ruas Jalan Peta-Sukarno Hatta. Bagaimana konsep penataan sunga itu? Wali Kota Ridwan Kamil mengatakan, penataan sungai berkonsep kembali ke alam namun bisa aktif digunakan masyarakat untuk berinteraksi.

 

“Konsepnya natural, hutan kota yang sifatnya sosial aktif. Nanti kita bikin bendungan yang dipasang, ada kolamnya, ada terasering dan lainnya,” ujar Emil, sapaan karib Ridwan, kepada detikcom, Jumat (3/2/2017).

 

Selain itu, akan ada alun2 tempat berinteraksi. Juga kawasan permainan kaulinan yang berkolaborasi dengan komunitas yang aktif melestarikan permainan tradisional. “Akan direvitalisasi kualitas air, kualitas hutan kota, kualitas ruangnya. Doakan lancar,” kata pria lulusan Master of Urban Design University of California Berkeley itu.

 

Pendanaan revitalisasi Sungai Cikapundung ini dibagi dua, yakni dari dana APBD dan dana pemerintah pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). Menurut Emil, kawasan Sungai Cikapundung ini yang masih bisa diselamatkan.

 

“Ini satu2nya ruas yang tidak banyak pemukiman, penduduk. Sehingga jadi warisan sungai yang baik bermartabat. Dananya 25M dari APBD, 5 miliar dari BBWS. (avi/ern; Avitia Nurmatari; https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-3437091/bantaran-sungai-cikapundung-di-bandung-bakal-jadi-keren-seperti-ini)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close