Kesehatan

Mitos atau fakta-Daging merah berbahaya bagi kesehatan Jantung

Jakarta-Sempat beredar info yang menyebutkan konsumsi daging merah tak dianjurkan karena bisa merusak kesehatan jantung. Mitos atau fakta? Menanggapi info ini, peneliti Purdue University, AS, menyebutkan perlu diketahui dulu porsi daging yang bisa memengaruhi kesehatan jantung.

“Selama 20 tahun terakhir, ada rekomendasi untuk mengonsumsi sedikit daging merah demi diet sehat, tetapi penelitian kami justru membuktikan daging merah menyehatkan,” ungkap peneliti ilmu gizi dari Purdue, Wayne Campbell. Menurut Campbell, daging merah asupan kaya nutrisi. Selain bisa sebagai sumber protein, daging merah kaya zat besi, yang diperlukan tubuh.

Rekomendasi membatasi konsumsi daging merah muncul dari studi beberapa waktu lalu yang menunjukkan kebiasaan makan daging disebutkanber-risiko penyakit kardiovaskular. Namun menurut Campbell, studi itu tidak dirancang untuk menunjukkan penyebab keterkaitan tersebut.

Ia dan rekan-rekannya pun mengulas kembali beberapa studi sebelumnya untuk mengevaluasi informasi tersebut. “Kami menemukan bahwa konsumsi lebih dari setengah porsi per hari daging merah, tidak terbukti memperburuk tekanan darah dan kolesterol darah,” ungkap peneliti lainnya, Lauren O’Connor.

Meskipun demikian, Campbell mengakui bahwa penelitian lebih lanjut mungkin diperlukan. Ini karena tekanan darah dan kolesterol bukanlah satu-satunya faktor penentu bagi seseorang untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular.

“Penelitian sebanding perlu untuk menilai risiko kesehatan lain dari uji klinis, termasuk peradangan dan kontrol glukosa darah,” tutur Campbell, dalam studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition itu. (ajg/vit; Ajeng Anastia Kinanti; https://health.detik.com/read/2016/12/25/105634/3380211/1410/konsumsi-daging-merah-berbahaya-bagi-kesehatan-jantung-mitos-atau-fakta)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close