Kesehatan

Yang terjadi saat mengkonsumsi Sabu2

Jakarta-RR diamankan Polri karena sabu2. Sebelumnya, sejumlah selebriti menggunakan sabu2, seperti Jupiter Fortissimo, Eza Gionino, Roy Marten hingga komedian Polo. National Drug Research Institute, Australia, dr Nicole Lee menjelaskan, saat sabu pertama masuk tubuh akan berdampak besar.

 

Efek samping yang ditimbulkan tergantung bentuk sabu, cara masuk tubuh dan dosis yang dikonsumsi. “Kebanyakan orang menghirupnya lewat rokok, menyuntikkan diri, atau mengonsumsi pil. Kalau dihirup dalam beberapa menit muncul. Kalau menelan maka efek bisa muncul sekitar 20 menit” papar Nicole.

Dilansir dari ABC Australia, rasa nikmat, sensasi tenang merupakan salah satu efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan sabu. Beberapa pengguna mengaku, sabu memberikan mereka banyak energi dan menjernihkan pikiran.

Hal ini disebabkan sabu mendorong hormon dopamin jadi 1.000x lipat batas wajar. Menurut dr Nicole ini jumlah cukup tinggi jika dibanding tingkat dopamin yang dipicu narkoba atau kegiatan lain. Rasa nikmat berlangsung 4-2 jam muncul efek sebaliknya. Efek itu berkurangnya konsentrasi drastis, sakit kepala, depresi hingga kelelahan. Reaksi balik ini akan berlangsung 24 jam.

Saat kondisi muncul, pengguna merasa kecanduan dan menggunakan lagi sabu berdosis lebih tinggi agar bisa normal. Lama kelamaan dosis sabu dinaikkan oleh pengguna sampai overdosis. Jika overdosis, bisa stroke atau gagal jantung. (alv; Diana Rafikaasari; https://lifestyle.sindonews.com/read/1191724/155/ini-yang-terjadi-pada-tubuh-saat-mengonsumsi-sabu-sabu-1490522174)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close