Psikologi

Kisah cinta sejati

Pagi itu klinik super sibuk. Sekitar jam 9:30 seorang kakek(70-an) datang untuk buka jahitan pada luka di ibu-jarinya. Saya siapkan berkasnya dan memintanya menunggu, sebab semua dokter sibuk dan mungkin dia baru dapat ditangani setidaknya 1 jam lagi.
Sewaktu menunggu, pria itu gelisah, sebentar2 melirik ke jam tangannya, Saya kasihan. Jadi ketika luang saya sempatkan memeriksa lukanya. Nampaknya cukup baik, kering dan tinggal membuka jahitan dan memasang perban baru. Pekerjaan yang tidak terlalu sulit, sehingga atas persetujuan dokter, saya putuskan untuk melakukannya sendiri.
Sambil menangani lukanya, saya tanya apa dia ada janji lain hingga tampak ter-buru2. Lelaki tua itu menjawab tidak, dia akan ke rumah jompo untuk makan siang bersama istrinya, seperti yang dilakukan se-hari2. Dia ceritakan istrinya dirawat disana sejak beberapa waktu karena mengidap penyakit Alzheimer.
Lalu saya bertanya apakah istrinya akan marah kalau dia datang terlambat. Dia menjawab bahwa istrinya sudah tidak lagi dapat mengenalinya sejak 5 tahun terakhir. Saya sangat terkejut dan berkata, “Bapak masih pergi kesana setiap hari walaupun istri Bapak tidak kenal lagi?”

Dia tersenyum sambil tangannya menepuk tangan saya dan berkata, Dia memang tidak mengenali saya, tetapi saya masih mengenali dia, kan? Saya terus menahan air mata sampai kakek itu pergi, tangan saya masih tetap merinding. Cinta kasih seperti itulah yang harus ada dalam hidup kita…

Cinta sesungguhnya tidak bersifat fisik atau romantis. Cinta sejati adalah menerima apa adanya yang terjadi saat ini, yang sudah terjadi, yang akan terjadi, dan yang tidak akan pernah terjadi. Kisah nyata  diatas  ini menyampaikan satu pesan penting.

Orang yang paling bahagia tidak harus memiliki segalanya sesuatu yang terbaik, melainkan mereka dapat berbuat yang terbaik dengan yang  mereka miliki. (http://mudita.or.id/detailnews.php?id=233)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close