Selingan

Soekarno hingga Jokowi di Finlandia

Helsinki-Bali Brunch, satu2nya restoran bertema Indonesia di Finlandia. Gampang mencarinya, ada gambar Soekarno sampai Jokowi di sana. detikTravel berkesempatan untuk berkunjung ke Helsinki, Finlandia pekan lalu. Salah satu tempat yang dikunjungi adalah restoran bernama Bali Brunch.

Di luar soal menu, restoran Bali Brunch di Helsinki, Finlandia punya hiasan unik nan menarik. Hiasan itu berupa lukisan wajah sejumlah tokoh ala pahatan empat kepala Presiden Amerika Serikat di Gunung Rushmore di dekat South Dakota.

Hanya saja lukisan yang terpampang di dinding halaman depan restoran ini cuma menampilkan dua wajah presiden, yakni Sukarno dan Joko Widodo. Di antara kedua presiden ada wajah Basuki Tjahaja Purnama dan Susi Pudjiastuti. Satu lagi, ada tulisan Mt Rinjani (Gunung Rinjani).

 

“Itu ide saya karena suka sejarah dan kagum banget dengan keempat tokoh itu. Saya meniru Rushmore,” kata Galih Ganesha Putra Bulgamin, satu dari empat pengelola Bali Brunch kepada Detiktravel (8/4/17).

Lelaki yang telah belasan tahun bermukim di Helsinki itu secara panjang lebar menjelaskan sepak terjang ke empat tokoh tersebut. Bung Karno, kata dia, selain penggerak Indonesia menggapai kemerdekaan adalah Bapak Bangsa yang melahirkan Pancasila.

Jokowi disebutnya sebagai sosok sederhana yang berupaya mengimplementasikan ombak perubahan di Indonesia. Terkait BTP, Galih menyebutnya sebagai figur yang membawa perubahan dengan prinsip transparansi birokrasi dan jujur. “Pak BTP menguji culture dari kebhinnekaan Indonesia,” ujarnya.

Susi itu contoh dan bukti bahwa pendidikan atau akademis bukan satu2nya ukuran keberhasilan seseorang. Sekolah, kata Galih, tempat menimba ilmu, dan ibu Susi membuktikan yang penting adalah menimba ilmunya ketimbang tempat belajarnya. “Kadang, tempat belajar belum tentu memberikan sesuatu yang ingin atau tertarik untuk dipelajari,” ujarnya.

Penggemar olah raga futsal itu mengakui dirinya hanya punya konsep, sedangkan yang memvisualkannya adalah Ainur. “Dia teman baik saya. Papanya orang Turki, ibunya orang Finland,” katanya.

Sejauh ini, pengunjung cukup mengapresiasi keberadaan lukisan di dinding itu. Sebelum atau sesudah menyantap aneka hidangan di restoran Bali Brunch, mereka akan berpose di depan lukisan dinding tersebut. Terutama mereka yang pernah berkunjung ke Indonesia. (bnl/aff; http://m.detik.com/travel/international-destinations/d-3473031/soekarno-sampai-jokowi-di-finlandia)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close