Kesehatan

Berpuasa Ramadhan bagi kesehatan

Jakarta-Berpuasa di bulan suci Ramadan sebulan, memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Sebulan, berpuasa secara teratur dan mengonsumsi makanan seimbang diyakini menurunkan berat badan hingga risiko terkena penyakit tidak menular. Berikut manfaat berpuasa untuk kesehatan, dilansir dari Boldsky.

 

1-Menurunkan berat badan
Mengonsumsi makanan seimbang dan kaya serat membantu menurunkan berat badan. Bobot tubuh Anda pun akan turun sebanyak beberapa kilogram sebelum akhir bulan. Namun pastikan Anda menghindari makanan manis dan tinggi lemak selama berpuasa.

 

2-Mengurangi Kolesterol
Selama puasa, pola makan berubah. Di mana Anda hanya makan dua kali yaitu saat sahur dan berbuka puasa. Ini akan membantu mengurangi kadar lemak darah dan kolesterol, terutama jika Anda menghindari makanan cepat saji.

 

3-Menghilangkan racun tubuh
Tak hanya menahan haus dan lapar, puasa juga menjadi cara terbaik untuk detoksifikasi tubuh. Pasalnya, tubuh mendapatkan istirahat dari asupan rutin makanan, khususnya makanan cepat saji sehingga tubuh tetap sehat.

 

4-Meningkatkan kekebalan tubuh
Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa puasa bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satunya mendetoksifikasi tubuh dan sistem pencernaan menghasilkan cairan lebih sehat.

 

5-Menurunkan risiko hipertensi
Saat puasa, tingkat metabolisme akan mengurangi, begitu juga kadar lemak darah. Artinya, ini mampu menurunkan risiko hipertensi dan penyakit terkait lainnya. (alv; Diana Rafikasari; https://lifestyle.sindonews.com/read/1208420/155/5-manfaat-berpuasa-ramadan-bagi-kesehatan-tubuh-anda-1495822054)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close