Aku cinta Indonesia

Jabar kerjasama dengan Tiongkok

BEIJING, (PR).- Pemprop Jabar menandatangi nota kesepahaman atau MoU dengan 4 provinsi di Negara RRT. Keempat provinsi yang sepakat menjalin kerja sama Sister Province dengan Jabar itu Guangxi Zhuang, Chongqing, Sichuan, dan Heilongjiang.

 

Gubernur Jabar A. Heryawan (Aher) bersama 3 OPD (Biro pemerintahan dan kerja sama, Dishub, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) serta Nelson Simanjuntak dari Kemendagri ke Tiongkok dari Bandara Soekarno Hatta, 4/5/17 ke Tiongkok. Pertama Kota Nanning, Provinsi Guangxi Zuang. Penandatanganannya, 5/5/17.

 

‎Kepala Biro Pemerintahan dan Kerja Sama Prop Jabar Taufik Budi Santoso mengatakan, sister Province ini diinisiasi sejak 2015. Bahkan sudah mengemuka sejak 2010 lalu. Namun untuk Sichuan Letter Of Intent-nya baru terjadi pada 2016 lalu.

 

“Penandatangan ini direncanakan akhir-2016. Tapi karena tidak memungkinkan akhirnya ditunda. Kami lakukan serentak agar efektif dan efisien. Gubernur tinggal tanda tangan ke-4 dokumen itu yang kita atur waktunya,” ujar Taufik ketika menuju Nanning, Guangxi Zuang, Kamis, 4/5/17.

 

Diakui dia, MoU ini kerja sama jangka panjang. Namun ditinjau ulang 5 tahun 1x untuk mengetahui kesepakatan kerja sama mana saja yang belum tercapai. “MoU ini tonggak sejarah bagi Jabar dalam membina hubungan antar pemda. Harapannya bisa membangkitkan hubungan bisnis to bisnis dan people to peole. Dan bentuk kerja samanya sudah dirancang,”ucap dia.

 

Sister Province

Adapun ruang lingkup kerja sama yang disepakati kedua pemerintah daerah bersama 4 provinsi itu, di antaranya kesenian, kebudayaan, pendidikan, transportasi, perdagangan, investasi. Termasuk berbagi pengetahuan riset dan teknologi kemampuan pemdanya.

 

“Contoh yang ditanda tangani di Guangxi Zuang. Itu kan ibukotanya Nanning, sudah ada dua kota di Jabar yang menjalin sister city dengan 2 kota yang ada di Guangxi Zuang yaitu Kota Bandung dengan Li Zou dan Kota Bogor dengan Nanning. ‎Jabar membangun kerja sama ini,” kata dia.

 

Diakui Taufik, mulanya kerja sama ini terbentuk berawal dari kunjungan Gubernur Guang Xi Zuang ke Delta Mas Bekasi bersama Aher. Pada saat mereka mau memfasilitasi investor yang akan bergerak pada otomotif.

 

“Saat itu dibicara hubungan diplomatik kerja sama. Akhirnya disepakati,” kata dia. Latar belakang kerja sama ini, Guang Xi Zuang ini provinsi yang punya laut di Cina Selatan. Wilayah ini kota pelabuhan terbesar di Tiongkok. Dan ini pusat aktifitas negara2 Asian di Tiongkok termasuk negara ASEAN. Mereka memberi tempat bisnis dan pemasaran bagi orang2 asal Asia dan ASEAN di pelabuhan itu.

 

Selain itu, di bidang pendidikan ada 7 mahasiswa PNS yang mengambil program doktoral di Guangxi Zuang ini. Dengan kerja sama ini, Jabar menambah kerja sama sister province. Sampai saat ini Jabar sudah menjalin kerja sama sister province dengan 29 provinsi di 7 negara.

 

“Prioritas kita kerja sama ini sesuai grand disain Jabar yang diatur pergub 2015. Untuk kerja sama luar negeri difokuskan di Asia Timur Pasifik seperti Korea dan Jepang, kemudian ASEAN, Australia dan Selandia Baru” ujar dia.*** ( http://www.pikiran-rakyat.com/luar-negeri/2017/05/04/aher-teken-kerja-sama-dengan-tiongkok-400528)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close