Aku cinta Indonesia

Jembatan Terpanjang di Papua

Jayapura-Jembatan Holtekamp yang penghubung Hamadi, Distrik Jayapura Selatan dengan Holtekamp, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura disiapkan jadi destinasi wisata di Jayapura. Pembangunan jembatan sepanjang 735 mt itu berada di atas laut Teluk Humbolt dan menghabiskan dana Rp 858 miliar.

 

Jembatan ini jadi jembatan terpanjang di Papua. “Jembatan terpanjang  ini akan dijadikan destinasi wisata di kota Jayapura satu paket dengan Skouw. Untuk itu kiri kanan jembatan sudah di free clearing ini dijadikan ruang terbuka hijau sebagai tempat rekreasi,” kata Menteri PUPR, Basuki ke wartawan di-sela2 kunjungannya di Jembatan itu (8/5/17).

 

Selama kunjungan di atas jembatan, Basuki didampingi Direktur Operasional PT PP Toha Fauzi yang memberikan penjelasan terkait pembangunan jembatan yang akan memudahkan akses masyarakat yang hendak dan dari kawasan Arso dan Koya serta Skouw.

Basuki mengatakan, pembangunan jalan Holtekam dijadwalkan selesai Oktober 2018 dan menghabiskan dana Rp 858M, sedang pembangunan jalan menuju jembatan baik dari arah Hamadi dan dari Holtekam menjadi tanggung jawab Kota Jayapura dan Pemprov Papua.

“Pembangunan jembatan Holtekam 738 mt yang membentang di atas Teluk Humbolt menghubungkan dua distrik (kecamatan) dan jalan ke perbatasan negara” katanya. Dikatakan, Komponen bagian tengah jembatan dibuat di Surabaya oleh PT PAL Indonesia dan akan segera dikirim dari Surabaya dalam keadaan utuh.

“Ini merupakan komponen jembatan pertama di Indonesia yang dibangun secara utuh di pabrik, yang biasanya diangkut dalam keadaan ter-potong2” katanya.

 

Untuk pembangunan jalan yang menyambung ke jembatan Holtekamp ini dilakukan secara keroyokan. Dari arah kota Jayapura sepanjang 400 meter menjadi tanggungjawab pemerintah kota Jayapura dan dari arah perbatasan negara sepanjang 7.900 meter menjadi biaya ABPD Provinsi Papua.

Jika pemerintah kota Jayapura memiliki keterbatasan dana APBD untuk menyelesaikan pembangunan jalan menuju jembatan Holtekam dari arah Hamadi, akan diambil alih pemerintah pusat.

“Tidak masalah, kita ambil alih karena APBD dan APBN itu semua uang rakyat, yang penting prasarana yang dibangun pemerintah harus bisa difungsikan baik oleh rakyat,” kata Basuki. (Dna/Dna; https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-3495873/menengok-jembatan-terpanjang-di-papua?utm_source=whatsapp)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close