Kesehatan

Kesalahan makan siang bikin badan melar

Jakarta-Makan siang merupakan salah satu fase penting yang memengaruhi aktivitas Anda. Kebiasaan2 keliru saat makan siang diyakini berrisiko kegemukan dan kurang konsentrasi di sore harinya.

Apa kesalahan yang perlu dihindari agar Anda terhindari dari risiko2 itu? Berikut daftarnya, seperti dirangkum detikHealth pada Kamis (26/1/2017):

 

1-Melewatkan waktu makan siang

Saking sibuknya dengan pekerjaan, Anda sering melewatkan waktu makan siang? Hati-hati, kebiasaan ini lama-kelamaan bisa bikin nafsu makan makin meningkat. Selain itu, melewatkan makan siang juga mengganggu konsentrasi dan daya ingat.

 

Studi dari Columbia University memastikan, makan siang ‘molor’ seperti ini tidak sehat, apalagi jika Anda sedang menjalani program diet. Hal ini bisa membuat Anda makan lebih banyak di sore hari, dan Anda juga tak punya cukup asupan untuk melakukan pekerjaan.

 

2-Kurang asupan Karbohidrat

Memperbanyak asupan sayur seperti salad untuk menu makan siang itu menyehatkan. Ketika Anda  ekstrem mengurangi asupan karbohidrat, ini turut memengaruhi energi. Hal ini bisa berdampak pada keinginan lebih mengonsumsi makanan manis setelah makan. Tak heran jika dalam jangka panjang Anda tanpa disadari bisa mengalami kenaikan berat badan.

 

Pada dasarnya otak sangat bergantung pada karbohidrat sebagai sumber bahan bakar utama. Oleh sebab itu, Anda tetap perlu mengonsumsi karbohidrat. Selain itu, protein dan lemak juga memiliki peran yang penting untuk kebutuhan energi.

 

3-Makan di meja kerja

Seperti dikutip dari Daily Mail, pekerja yang biasa makan siang di meja kerja cenderung memilih menu fast food, berlemak tinggi, plus minuman manis. Dibanding pekerja yang terbiasa makan siang di luar kantor, mereka lebih mudah lapar beberapa jam setelah makan siang, sehingga kembali ngemil camilan yang tak sehat.

 

Dalam jangka panjang, tentu memicu kenaikan berat badan tak terkontrol. Risiko kegemukan ini juga mungkin terjadi karena makan di dalam kantor, maka peluang Anda untuk pilih menu makanan sehat menjadi lebih sedikit, dibanding jika Anda makan siang di luar kantor. (Ajeng Anastia Kinanti; https://health.detik.com/read/2017/01/26/110314/3405973/1410/3-kesalahan-saat-makan-siang-yang-bisa-bikin-badan-cepat-melar)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close