Aku cinta Indonesia

Perusahaan AS dan PLN mengembangkan listrik EBT

Jakarta-PLN (Persero) gandeng 4 perusahaan asal AS untuk mengembangkan jaringan transmisi berbasis energi baru dan terbarukan (EBT). Empat perusahaan ini : Applied Materials Inc, Halliburton, Power Phase dan Infra Cerdas Indonesia.

Kerja sama ini disertai penandatanganan MOU antara PLN dengan 4 perusahaan itu, disaksikan oleh Wapres AS Mike Pence dan Wapres RI Jusuf Kalla serta Menteri ESDM Ignasius Jonan

Perusahaan asal AS itu berkomitmen bantu PLN tingkatkan efiensi pembangkit eksisting dan transmisi, membangun smart grid serta mengembangkan Wilayah Kerja Panas Bumi. Kerja sama ini bersamaan kedatangan Wapres AS Mike Pence ke Indonesia sejak Kamis, 20/4/2017.

Direktur Perencanaan Korporat PLN Nicke Widyawati mengungkapkan kerja samaini penting, terlebih terkait peningkatan kehandalan sistem kelistrikan yang meningkatkan kualitas layanan ke pelanggan, serta pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) yang saat ini tengah gencar dikembangkan oleh PLN.

“Seperti yang kita ketahui saat ini PLN tengah giat meningkatkan penggunaan EBT untuk mencapai target 23% di tahun 2025,” katanya seperti dalam keterangan resmi yang diterima SINDOnews di Jakarta, Jumat (21/4/2017).

Menurutnya, pengembangan smart grid akan dilaksanakan untuk meningkatkan penetrasi EBT pada sistem kelistrikan. “Dengan smart grid, pelanggan dapat mengelola konsumsi listriknya melalui gadget, dan PLN dapat melakukan preventive maintenance melalui control system yang terintegrasi untuk menurunkan tingkat gangguan layanan kepada pelanggan,” tandasnya.

Adapun empat nota kesepahaman tersebut antara lain, MOU antara PLN dengan Applied Material Inc. Kerja sama ini bertujuan untuk menurunkan arus gangguan pada transmisi 500 KV di sistem Jawa-Bali.  Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Perencanaan Korporat PLN Nicke Widyawati dengan Applied Materials Director Paul J Murphy.

Selanjutnya MOU antara PLN dengan PT Halliburton Logging Service. Hal ini merupakan kerjasama terkait pengembangan Wilayah Kerja Panas Bumi milik PLN salah satunya di PLTP Tulehu. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Perencanaan Korporat PLN Nicke Widyawati dengan Presiden Director PT Halliburton Logging Service Richard Douglas.

Sementara MOU antara PLN dengan PT Infra Cerdas Indonesia, merupakan kerja sama pengembangan Advanced Metering Infrastructure System (AMI) sebagai langkah awal implementasi Smart Grid. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Perencanaan Korporat PLN Nicke Widyawati dengan Kuasa Direktur PT Infra Cerdas Indonesia Grant Ellis Hinlayson.

Terakhir terdapat MOU antara PLN Group dengan Power Phase. Kerja sama ini merupakan peningkatan efisiensi pembangkit gas existing, sehingga output dari pembangkit2 gas PLN dapat ditingkatkan 30% dari kondisi saat ini. (akr; Lily Rusna Fajriyah; https://ekbis.sindonews.com/read/1199161/34/empat-perusahaan-as-bersama-pln-kembangkan-listrik-berbasis-ebt-1492770349)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close