Aku cinta Indonesia

Tahun depan Angkot wajib ber-AC

Jakarta-Pada era ini, kenyamanan-kemanan dalam pelayanan transportasi jadi pilihan utama bagi masyarakat. Ini dijadikan momentum bagi perusahaan angkutan kota melakukan terobosan dalam meningkatkan pelayanan menjawab kebutuhan masyarakat, yakni dengan meluncurkan angkot ber-AC pertama di Kota Bekasi.

Dirjen Hubdar Pudji Hartanto mengatakan, perkembangan usaha angkutan umum (Angkum) dapat dilihat dari pergeseran pola pengeluaran masyarakat dari Ability To Pay (ATP) menjadi Willingness to Pay. Artinya, masyarakat lebih mempertimbangkan pelayanan daripada biaya yang dikeluarkan.

“Perubahan itu mencerminkan kebutuhan masyarakat pada komitmen layanan perusahaan angkum yang berstandar pelayanan minimal meliputi keamanan, keselamatan, kenyamanan, keterjangkauan, kesetaraan dan keteraturan sebagaimana arahan Menhub yang dituangkan dalam Permenhub No PM 29 / 2015,” ujar Pudji tertulis (15/5/17).

Dia jelaskan dalam PM 29 Tahun 2009 itu disebutkan paling lambat pada 2018 seluruh angkum wajib menggunakan AC dengan temperature 20-25 derajat celcius.

“Kami mengapresiasi usaha yang dilakukan Pemkot Bekasi bekerja sama dengan perusahaan angkutan di Bekasi dalam memenuhi ketentuan operasional angkum dengan meluncurkan angkot ber-AC. Itu untuk menjawab kebutuhan masyarakat Kota Bekasi pada pelayanan angkot yang memenuhi standar pelayanan minimal,” katanya.

Dengan diluncurkan angkutan perkotaan (angkot) ber-AC di Kota Bekasi diharapkan akan terjadi pergerseran menggunakan angkutan umum. Sehingga, pada akhirnya akan dapat mengurangi kemacetan dan menurunkan tingkat polusi udara, khususnya di wilayah Kota Bekasi.

“Semoga melalui peluncuran angkot ber-AC di Kota Bekasi ini dapat memberi semangat dan motivasi bagi seluruh Pemda lain untuk meningkatkan pelayanan angkum ke masyarakat. Juga menjadi pelopor dalam pembinaan angkum di Indonesia,” ujarnya.

Untuk pertama, satu angkot trayek 02 rute Pondok Gede-Bekasi jadi pilot project sebelum diaplikasikan ke semua angkot. (izz; Yanuar Riezqi Yovanda; https://ekbis.sindonews.com/read/1205279/34/semua-angkot-wajib-ber-ac-mulai-tahun-depan-1494841630)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close