Selingan

Festival Lebaran Tumbilotohe paling meriah di Gorontalo

Gorontalo-3 Hari jelang Lebaran, Gorontalo punya tradisi Tumbilotohe. Jalanan dipenuhi cahaya lampu minyak. Ini tradisi asli Gorontalo sejak abad ke-15, wisatawan bisa larut dalam kemeriahannya. Tiap2 daerah punya tradisi unik menjelang Lebaran.

 

Berada di tepi laut Sulawesi Utara, Gorontalo memiliki tradisi Tumbilotohe. Selama 3 hari di akhir bulan Ramadan, Gorontalo ‘bercahaya’. Dari situs resmi Pariwisata Indonesia (1/8/13), Tumbilotohe tradisi asli Gorontalo sejak abad ke-15. Pada malam hari jelang Lebaran, jalan di Gorontalo dipenuhi cahaya lampu minyak.

Tumbilotohe (bahasa Gorontalo), yaitu tumbilo = pasang, dan tohe = lampu. Tumbilotohe diartikan acara pasang lampu. Kemeriahan tradisi ini berlangsung Maghrib hingga Subuh. Suasana jelang Lebaran terasa berkesan. Sebab, tiap sudut jalanan hingga rumah2 penduduk ditaruh lampu minyak. Uniknya, lampu2 minyaknya dibentuk sedemikian rupa, dari gapura hingga berbentuk bunga.

Tumbilotohe bernilai sejarah dan luhur yang tinggi. Penyelenggaraan Tumbilotohe masa lalu, memudahkan masyarakat Gorontalo membayar zakat Fitrah dan membagikan zakat fitrah pada malam hari. Sebab, saat itu belum terdapat lampu2 jalanan sebagai penerangan.

Selain itu, Tumbilotohe bermaksud penanda datangnya Idul Fitri. Karena itu, jiwa dan hati kembali bersih harus bersih serta terang benderang seperti makna pemasangan lampu itu. Tradisi Tumbilotohe makin berkembang. Kini di tanah luas / lapangan, masyarakat membentuk lentera atau kaligrafi Al Quran dari lampu2 minyak. Datangnya Lebaran makin meriah dan masyarakat larut dalam suka cita.

Di tahun 2007, tradisi Tumbilotohe menorehkan sejarah pada Museum Rekor Indonesia (MURI). Saat itu, masyarakat Gorontalo berhasil menyalakan lima juta lampu minyak. Wisatawan yang datang ke Gorontalo bisa ikut langsung dalam perayaan Tumbilotohe.

 

Selain terkesima oleh cahaya-cahaya lampu yang banyak, ada festival bedug yang membuat suasana makin meriah. Selamat datang Idul Fitri di Gorontalo. (ptr/fay; Afif Farhan; https://travel.detik.com/domestic-destination/d-2321857/tumbilotohe-festival-lebaran-paling-ramai-di-gorontalo-saat-lebaran)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close