Psikologi

Memahami bijaknya M. Gandhi

Doeloe saat Gandhi belajar hukum di University College, London, seorang professor “Peter”, kurang menyukai Gandhi. Suatu hari Prof. Peter makan siang di kantin kampus, Gandhi datang & duduk di sampingnya sambil bawa makan siangnya.

Prof. Peter : “Gandhi, apakah anda tidak mengerti seekor babi dengan seekor burung tidak duduk berdampingan untuk makan?” Gandhi bagai orang tua menatap anak nakal menjawab, “Jangan khawatir Prof. Saya segera terbang” & Gandi segera ngeloyor ke meja lain. (siapa babi siapa burung jadi jelas)

Muka Prof. Peters merah penuh kemarahan & memutuskan untuk balas dendam. Keesokan harinya di kelas dia sengaja mengajukan pertanyaan ke Gandhi: “Gandhi, andai kau berjalan tiba2 menemukan paket berisi 1 tas penuh uang & 1 tas penuh dengan kebijaksanaan; Mana yang kau ambil?”

Tanpa ragu Gandhi menjawab “Ya uang lah.”
Prof. Peters, tersenyum sinis & berkata “Jika itu aku, maka aku akan mengambil kebijaksanaan.”
Gandhi menjawab: “…seseorang itu biasanya mengambil apa yang tidak dia punya.”
Prof. Peters hilang akal, tidak bisa berkata apa2.

Dengan marah dia menulis kata “IDIOT” pada lembar jawaban ujian Gandhi & memberikan ke Gandhi. Gandhi mengambil & duduk sambil berusaha keras tetap tenang. Beberapa menit kemudian Gandhi berdiri & menghampiri professor berkata dengan sopan, “Prof. anda baru menanda tangani lembar jawaban ini tapi belum memberi nilai.”

Bersikaplah tenang & bijak apabila ada orang yang membenci kita. Sebab semakin dia membenci kita semakin banyak kebodohan yang akan dibuatnya.

Di dalam dunia yang penuh dengan kompetisi, ingatlah untuk tetap rendah hati sehingga kejadian berikut ini bisa terjadi : “First they ignore you, then they laugh at you, then they fight you, then you win.”_ Mahatma Gandhi (Prasetya B. Utama; dari grup WA-VN)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close