RSS Feed     Twitter     Facebook

Wisata populer di Banyuwangi(1/10)-Masjid Baiturrahman

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 101 views    Font size:
Wisata populer di Banyuwangi(1/10)-Masjid Baiturrahman

Saat berada di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi menunggu penerbangan pulang ke Jakarta, CNNIndonesia.com sempat berbincang dengan wisatawan2 yang mau pulang ke kota asalnya. Di antaranya Indah dan Evan, asal Jakarta yang baru berbulan madu 4 hari di Bumi Blambangan ini.

 

Ketika ditanya, ketertarikan berkunjung ke Banyuwangi lagi, dengan mantap keduanya menjawab. “Saat merencanakan perjalanan, kami tidak mengira Banyuwangi itu seru. Harusnya satu minggu ya? Tapi kalau ada kesempatan, kami pasti kembali lagi,” kata Indah sambil tersenyum ke arah sang suami.

“Masih banyak tempat yang belum sempat kita datangi. Nanti sambil ajak teman2 atau sama anak” ujar Evan.  Ada objek2 wisata menarik. Hanya, seperti yang dikatakan Kisma, pemandu wisata dari situs wisata lovelybanyuwangi.com, jarak satu objek ke objek lain tidak berdekatan, sehingga butuh waktu kunjung lebih panjang agar bisa menjelajahi semuanya. Jika mau ke Banyuwangi, berikut objek2 nya :

 

1-Masjid Baiturrahman Banyuwangi
Masjid Baiturrahman Banyuwangi berada di atas tanah sumbangan dari Bupati pertama Banyuwangi, Raden Tumenggung Wiraguna I atau disebut Mas Alit, tepatnya di Jalan Jendral Sudirman. Dibangun pada 7 Desember 1773, masjid dua tingkat ini berkapasitas 5.100 orang.

 

Arsitektur Arab dan Banyuwangi berpadu. Motif batik Gajah Oling dapat dilihat dalam berbagai sudut dekorasi. Masjid tertua dan terbesar di Banyuwangi ini sarat sejarah, mengenai penyebaran Islam pertama DI Bumi Blambangan. Sejak pertama dibangun, masjid ini mengalami 4x perbaikan.

Ada 11 kubah di masjid ini, dan kubah utamanya dapat digeser secara otomatis, sehingga dari dalam masjid bisa melihat langsung ke atas langit. Teknologi dalam masjid ini ini disebut sebagai yang satu-satunya di Indonesia.

Dari Masjid Baiturrahman Banyuwangi, wisatawan juga bisa sekaligus berkunjung ke Taman Sri Tanjung dan Pendopo Bupati, untuk mengetahui lebih banyak sejarah mengenai Banyuwangi.  (Ardita Mustapa; http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170618200237-269-222623/sepuluh-objek-wisata-populer-di-banyuwangi/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code