Wisata dan Kuliner

Bersepeda wisata di 30 Stasiun beroperasi

BANDUNG, (PR).- Konsep “Bandung Kota Sepeda” direalisasikan awal 2017 ini. Tigaratus limapuluh  sepeda dengan 30 titik stasiun siap dioperasikan melalui bike sharing (penyewaan sepeda).

 

“Pak Wali (Ridwan Kamil) ingin murah (disewakan). Jadi nanti operator dibiayai, sewanya dibikin murah. Dalam kajian Rp 3.000 per jam,” ujar Kadishub Kota Bandung Didi Ruswandi di Bandung, 3/1/2017. Mekanisme penyewaan menggunakan smartcard (kartu pintar). Berbeda dengan kartu pintar yang digunakan untuk Trans Metro Bandung.

 

Kartu pintar sepeda sewa akan mendata identitas pemilik. Dengan identitas jelas, potensi kehilangan sepeda bisa diantisipasi. “Nanti ada tempat yang menyediakan kartu pintar. Tetapi apakah pembayaran pada awal, akhir, atau keduanya dengan tap in tap out, kita belum sampai ke sana,” kata Didi.

 

Menurut Didi, saat ini uji coba sudah bisa dilakukan. Namun, Didi mengatakan, uji coba akan menunggu lelang operator. Lelang ini menunggu kepastian pergantian kepala dinas seiring perombakan susunan organisasi tata kerja 2017.

 

Saat ini, 30 stasiun sepeda siap di pusat kota. Beberapa di antaranya di depan Masjid Al Ukhuwah Jalan Wastukancana dan depan Taman Pramuka. Pengadaan 350 sepeda dengan 30 stasiun itu pengadaan tahap pertama dari target 100 stasiun. “Di masterplan ada 100 titik, ada 70 titik lagi yang belum. Akan dilelangkan” kata dia.

 

Didi menambahkan, 350 sepeda itu didatangkan dari Tiongkok dengan kategori unisex sehingga bisa digunakan lelaki atau perempuan. Didi mengatakan, perusahaan sepeda dalam negeri yakni United Bogor, tidak sanggup menyediakan sejumlah itu dalam waktu yang terbatas.

 

Terkait wacana investasi perusahaan dari Singapura, Didi mengatakan hal itu belum bisa terealisasi. Pasalnya, pengembalian modal dari harga sewa tidak bisa menutup modal investasi. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil program ini dioperasikan pada 2017.  (Amalia; http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2017/01/04/ayo-bersepeda-di-bandung-ada-30-stasiun-sepeda-siap-beroperasi%C2%A0-389627)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close