Iptek dan Lingk. Hidup

FB sedang diintip orang atau tidak

Kompas.com-Peretas sering menyusup ke akun jejaring sosial kita, seperti FB tanpa kita sadari. Ada cara untuk mencegah agar akun FB kita tidak mudah diintip peretas,  mudah dan sederhana. Kita perlu masuk ke bagian Account Settings atau Pengaturan, pilih Security atau Keamanan.

 

Pilihan menu Security di bagian kiri layar jika membuka dari browser desktop, tepat di bawah menu General/Umum atau di atas Privacy/Privasi. Jika mengakses dari aplikasi mobile, maka menu itu bisa diakses dari tombol “sandwich” di pojok kanan atas untuk menampilkan menu, pilih Account Settings.

 

Di menu Security, pilih menu Where You’re Logged In atau Tempat Anda Masuk. Dalam menu itu, bisa dilihat melalui perangkat apa dan di mana saja akun milik Anda telah diakses. Jika ada perangkat yang tidak Anda kenal mengakses akun FB Anda, maka kemungkinan besar akun Anda sedang diintip orang lain.

 

Menu FB Security

Nah, apabila ada aktivitas yang mencurigakan seperti itu, langsung saja tekan tombol End All Activity atau Akhiri Semua Aktivitas. Menggunakan tombol tersebut, si peretas akan langsung log-out dari akun milik Anda. Langkah selanjutnya adalah dengan mengganti password atau kata sandi untuk mencegah peretas masuk kembali ke akun milik Anda.

 

Selain itu, Anda juga bisa meminta system FB untuk memberikan peringatan setiap kali ada login ke akun di perangkat atau browser baru. Notifikasi itu bakal diberikan di 3 tempat sekaligus, yakni melalui FB itu, e-mail, atau pesan SMS ke nomor yang sudah didaftarkan pengguna.

 

Cara menggunakan fitur tersebut juga cukup mudah. Masih melalui menu Security, langsung pilih saja menu Login Alerts atau Peringatan Masuk. Dalam menu tersebut, pengguna bisa mengatur sendiri ke mana notifikasi akan diberikan.

 

Jika memilih mengirim notifikasi lewat e-mail, setiap ada login baru, FB akan mengirimkan notifikasi ke alamat yang sudah dimasukkan sebelumnya. (Deliusno; Reska K Nistanto; http://tekno.kompas.com/read/2016/12/25/11280087/cek.apakah.akun.facebook.sedang.diintip.orang.lain.atau.tidak)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close