Aku cinta Indonesia

Kehormatan-Menjaga perbatasan

Merauke-Jika traveling ke perbatasan, maka kita lihat tentara2 berjaga. Bagi mereka, menjaga perbatasan adalah suatu kehormatan. Hal itu disampaikan Kapten Inf. Yon. Para Rider 503/MK, Irwan Tanjung ke detikTravel dan Tim Tapal Batas detik.com di Poskotis Kaliwanggo, Erambu, Merauke.

 

Di pos itu, tak jauh terdapat MM 12.2 suatu tugu perbatasan Indonesia-Papua Nugini yang tak terjamah. Kapten Tanjung, begitu kami panggil berpostur tinggi-tegap. Dia seolah pemandu, menjelaskan hal2 kegiatan tentara di Kaliwanggo. “Kita tiap hari bangun pukul 05.00, salat Shubuh, sarapan dan apel. Baru patroli rutin. Sorenya diisi OR seperti bermain voli,” ujarnya ke detikTravel.

 

Kapten Tanjung mengajak kami keliling ke Poskotis Kaliwanggo, berkenalan dengan tentara2. Semua tentara menyambut kami, serta tak segan berbagi pengalaman. Kami disuguhi makan siang : Ikan goreng, sayur dan nasi. Sederhana, namun enak. Saya tanya, apa suka duka Kapten Tanjung bertugas di sini yang notabenya jauh dari mana2?

“Sukanya senang saja berada di perbatasan. Melihat alam yang alami dan tidak semua orang bisa ke sini. Biasanya orang kalau refreshing ke Bali dan Batam, bukan ke Merauke,” katanya. Lalu, kalau dukanya apa kapten?

Kapten Tanjung terdiam. Rautnya menggambarkan berpikir keras. Dia senyum. “Kalau ditanya duka, saya bingung dukanya di mana. Bagi tentara, penugasan di daerah manapun itukehormatan” jawabnya.
“Menjaga perbatasan ini kehormatan karena kami diberi tanggung jawab oleh negara,” tegas Tanjung.

 

Saya merasa bersalah tanya seperti itu. Tanjung menepuk pundak saya, menceritakan bersyukurnya pula dia bertugas di perbatasan untuk membantu saudara2 setanah air. “Saudara2 kita di perbatasan jauh tertinggal di pendidikan dan ekonomi. Maka tentara, bekerja ekstra membantu mereka” kata Tanjung.

Selain patroli, Yonif ini membantu warga setempat di Kaliwanggo ketika jalan rusak. Mereka punya tim dokter yang siap membantu warga jika berpenyakit atau cidera. (Aff/Aff; Afif Farhan; https://m.detik.com/travel/travel-news/d-3558303/menjaga-perbatasan-indonesia-adalah-kehormatan?_ga=2.116257670.147411061.1499501474-1002625342.1490879498)-FatchurR

 

Keterangan Foto-1 : Yonif Para Rider 503/MK, tentara di perbatasan Indonesia-Papua Nugini (Afif/detikTravel)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close