Wisata dan Kuliner

Mencicipi keunikan Kuliner di Yogya (3/4)

6-Yogya punya Sup ayam kuah merah dan pilih level pedasnya

Bosan dengan sop gurih?, maka kita wajib menjajal sup merah. Warung kecil di pinggir lampu merah di pertigaan Jalan Kolonel Sugiono ini selalu ramai tiap hari. Disarankan ke tempat ini saat belum benar2 lapar karena antrian cukup panjang dan harus sabar menunggu.

 

Ketika pertama datang, kita bisa pilih sendiri isian dari sop ayam yang dipesan, misal isi kepala, ceker, ati ampel, sayap, atau paha. Kita bisa minta level pedas yang dimaui. Rasa kuah perpaduan gurih kaldu ayam dan pedas cabe sukses membuatmu ketagihan. Belum lagi rasa asam di sup yang membuat kuah sup terasa segar.

 

Warung sup merah ini unik dan beda dari biasanya. Di warung kebanyakan sajian sup tinggal menambah kuah yang dihangatkan, makan di warung sup merah ini kita harus sabar menanti karena sup yang dipesan dimasak satu persatu. Bagi penggila pedas, wajib masukin sup merah dalam rencana jalan2 kita.

 

7-Mie nJawani di mBah Gito Kotagede

Main ke Jogja belum afdol kalau belum mampir ke warung bakmi jawa mbah Gito. Warung sederhana dengan interior njawani ini berlokasi di Jl. Ni Ageng Nis, No. 9, Rejowinangun, Kotagede, Yogya. Kita dibuat takjub ketika masuk warung bakmi mbah Gito. Interiornya didominasi materi kayu.

 

Ada beberapa yang masih berwujud kayu mentah seperti pohon yang menambah keunikan dari tempat ini. Terlebih lagi, di bagian pojok warung, anda akan melihat panggung mini yang memang sebagai tempat pertunjukan wayang kulit setiap malam minggu.

 

Di warung ini kita bisa cicipi ragam menu, dari  bakmi godhog, bakmi goreng dan nasi goreng. Minuman yang wajib dicoba : Teh poci gula batu. Perpaduan aroma teh khas dengan manis yang pas dari gula batu mampu jadi teman saat santap malam. Gak perlu takut kemalaman, karena warung bakmi Mbah Gito buka dari 10.00 hingga 23.00.

 

8-Di Warung Makan Genther ada Fusion baru ayam bakar plus kremes

Warung tenda sederhana di Jl. Juwandi Jogja ini biasanya mulai dipadati pengunjung pukul 17.00. Untuk sampai ke sini, perlu melaju ke arah Kotabaru, kemudian berbelok di dekat Kantor Telkom Jogja. Nah, warung ini berada tepat di belakang Kantor Telkom.

 

Walau ini mirip warung lesehan lain, tetapi rasa yang ditawarkan benar2 beda. Jika warung lesehan di tempat lain hanya menyajikan ayam bakar dan ayam goreng, maka di warung lesehan Mas Yanto ini anda bisa menemukan perpaduan antara keduanya. Menu andalannya ayam bakar kremes. Daging ayamnya benar2 lembut dan lunak sehingga mudah lepas dari tulang.

 

Perpaduan bumbu bakar manis dan kremes gurih itu unik dan bercitarasa yang membuat ketagihan. Belum lagi ada 2 macam sambal; sambal terasi dan sambal bawang, membuat acara makan kita makin lahap. Perlu diingat, jangan datang lebih dari jam 20.00, karena pasti habis.  Bersambung………; (Pinka Wima; http://www.hipwee.com/travel/11-ragam-kuliner-unik-yang-wajib-anda-jajal-saat-bertandang-ke-jogja/)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close