Pengalaman Anggota

Mengenali sayuran Blendrang

Saat lebaran di kota Blitar, waktu yang di-tunggu2 sanak saudara dari Keluarga besar. Disitulah setiap  anak beranak,  ketemu dengan masakan khas  lebaran,  sayur kacang panjang yang menemani lontong sumpil. Mungkin asing ya bagi telinga anda. Mau coba masak?

Sayur kacang panjang dipotong melintang tipis. Cuci, rebus dengan  air seperlunya sampai empuk dengan api kecil. Siapkan lontong beras atau ketupat dan tepung kedelai yang sudah dibumbu asin manis.

Adapun bumbu kuah:
Brambang bawang laos,  cabe merah, cengek, utuh, semua  ditumis sampai wangi kemudian diblender dan masukkan kedalam rebusan sayur kacang panjang tadi. Begitu mendidih, beri santan, gula kelapa dan garam, aduk aduk, sampai matang namun  tetap dg api kecil.

Bila rasanya sudah pas dan empuk (bisa ditambah daging, petai, dan potongan labu siam ), sajikan di mangkuk. Siapkan potongan lontong/kupat dipiring, siramkan kuah sayuran dari mangkuk  dan  bubuhi tepung kedelei yang sudah dibumbuhi. Blendrang kacang lontong sumpil siap disantap, nikemaatt. (Soenarto SA; dari grup WA-VN)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close