Kesehatan

Menyimpan Barang dan penyakit Hoarding

Tribunwajo.com-Cobalah cek lemari/rak Anda, umumnya banyak barang2 yang tak terpakai dan malas membuang takut jika nantinya barang2 itu akan dipakai lagi? Bila Anda gemar menumpuk barang, bisa jadi Anda berpenyakit hoarding (dikutip dari Mayo Clinic), perilaku sulit berpisah/membuang barang.

 

Keinginan mereka kuat menyimpan barang, tak peduli nilai barang. Para ahli mengelompokkan perilaku ini salah satu gangguan kejiwaan. Ciri khas dari yang berpenyakit hoarding itu rumahnya penuh  timbunan barang2 sehingga kadang untuk duduk atau jalan susah karena tempat2nya dikuasai barang2.

 

Sebagian orang memelihara lusinan hewan tapi malas mengurus. Penyakit hoarding bervariasi, ringan sampai berat. Hoarding ringan tak mempengaruhi hidup kita. Taraf berat mengganggu fungsi se-hari2. Mereka sedih, marah, dan depresi jika barang2 itu disingkirkan. Konflik dengan keluarga lebih besar.

 

Gejala

Kecenderungan seseorang mengalami penyakit hoarding bisa dilihat sejak usia remaja. Misal ia senang mengumpulkan berbagai barang di kamarnya dan marah jika dibersihkan, sampai berantakan. Seiring dengan bertambahnya usia, ia mulai mengumpulkan lebih banyak barang di rumahnya.

 

Penyakit hoarding berbeda dengan kolektor.

Para kolektor hanya menyimpan satu jenis barang tertentu, mengaturnya, memajang yang disukai dan membuang yang tidak terpakai. Pada gangguan perilaku hoarding segala hal disimpan, termasuk koran, majalah, hingga benda2 yang terlihat tak berguna, misalnya serbet dari restoran.

 

Ciri khas lainnya dari penderita gangguan perilaku ini adalah kesulitan mengatur barang, memiliki interaksi social terbatas, dan merasa malu dengan perilakunya. Orang yang memiliki penyakit hoarding biasanya tidak merasa hal itu sebagai masalah, sehingga mereka tak mau menjalani terapi.

 

Padahal, dengan bantuan tenaga ahli gangguan perilaku ini bisa diatasi sehingga kualitas kehidupan kembali meningkat. (Kompas dan http://makassar.tribunnews.com/2016/04/14/suka-simpan-barang-bekas-kenali-gejala-penyakit-hoarding)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close