Kesehatan

Bukan pedoman lagi 4 sehat 5 sempurna

Viva.co.id-Dulu kita sering dengar “4 sehat, 5 sempurna” sebagai pedoman asupan makanan dengan gizi seimbang. Tapi istilah ini sudah tak lagi dipakai. Kini, pemerintah telah mengeluarkan pedoman gizi yang lebih komprehensif yang disebut dengan Tumpeng Gizi Seimbang.

 

Menurut ahli gizi dr. Elvina Karyadi, M.Sc, Ph.D, SpGK, ini merupakan susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai kebutuhan tubuh. Pedoman gizi ini mencakup makronutrisi dan mikronutrisi.

 

Pedoman gizi seimbang ini ditopang 4 pilar, yaitu keanekaragaman / variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan ideal. “Bedanya dengan 4 sehat 5 sempurna, tumpeng gizi seimbang tidak hanya soal makanan, tapi secara holistik dan komprehensif, sesuai kebutuhan masyarakat sekarang,” kata Elvina kepada VIVA.co.id baru2 ini.

 

Saat ini, aktivitas fisik masyarakat sangat minim. Karenanya, ini juga dimasukkan ke dalam tumpeng gizi. Perbedaan lainnya adalah, pada 4 sehat 5 sempurna, susu disebutkan tersendiri. Pada tumpeng gizi, susu dimasukkan ke dalam sumber protein hewani.

 

“Dulu, asupan gizi jelek dan banyak penyakit infeksi kronis seperti TB, sehingga susu jadi senjata penting dalam pemenuhan nutrisi,” imbuh Elvina. Kini ragam makanan demikian banyak, sehingga susu masuk  dalam golongan protein. (ren; Tasya Paramitha, Adinda Permatasari; http://m.viva.co.id/gaya-hidup/kuliner/943160-istilah-4-sehat-5-sempurna-untuk-pedoman-gizi-sudah-usang)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close