Kesehatan

Kandungan gula pada jus buah segar dan jus kemasan

Jakarta-Banyak orang setuju mengonsumsi buah itu baik untuk kesehatan. Ketika tak punya waktu mengonsumsi buah segar atau yang dijadikan jus, jus kemasan pun jadi pilihan. Apakah kandungan yang terdapat di jus buah botolan sama sehatnya dengan mengonsumsi buah langsung?

Penelitian dari University of Liverpool menunjukkan setengah dari jus buah di pasaran mengandung gula berkadar tinggi. Peneliti mengambil 159 sampel jus buah kemasan. Rata2 mengandung gula 11 gram per 200 ml. Ada pula sampel yang mengandung gula 21 gram dan 26 gram. per 200 ml. Padahal bagi anak2 anjuran gula maksimal 19 gram per hari.

Satu peneliti, prof. Simon Capewell terkejut saat menemukan kadar gula yang tinggi di jus buah, yang tidak menutup kemungkinan banyak dikonsumsi anak2. Prof Simon mengatakan, konsumsi gula berlebih berisiko menimbulkan masalah kesehatan anak2 seperti gigi berlubang, diabetes tipe 2, serangan jantung dan kanker.

“Keluarga harus meningkatkan perlindungan pada anak, dengan memperhatikan semua makanan dan minuman mengandung gula yang dikonsumsi anak,” ujarnya, dikutip dari Express, Kamis (7/4/2016).

Peneliti merekomendasikan agar jus buah, jus buah dalam kemasan, dan smoothies dengan kadar gula tinggi tidak dikonsumsi tiap hari. Kardiologis Dr Aseem Malhotra dari National Obesity Forum mengatakan konsumsi jus buah yang tidak mengandung serat buah utuh berkaitan meningkatnya risiko diabetes tipe 2.

“Konsumsi jus buah sesekali boleh tapi usahakan mengonsumsi buah segar,” kata dr Malhotra. (rdn/up; Hillariana ID; https://health.detik.com/read/2016/04/07/070928/3181706/763/studi-ini-amati-kandungan-gula-pada-jus-buah-segar-dan-jus-buah-kemasan)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close