Psikologi

Kebiasaan Ortu berakibat perilaku anak tidak baik(4/17)

7-Papa n Mama tak kompak

Mendidik anak bukan hanya tanggung jawab ibu atau bapak saja, tapi keduanya. Ortu harus sepakat dalam mendidik anak2nya. Anak dapat mudah menangkap rasa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan bagi dirinya.

 

Misal, Ibu melarang anaknya nonton TV dan minta mengerjakan PR. Namun saat bersamaan, bapak membela anak dengan dalih tidak apa2 nonton TV terus agar anak tak stress. Jika ini terjadi, anak akan menilai ibunya jahat dan bapak baik, akibatnya tiap kali ibunya memerintah, ia melawan dan berlindung di balik pembelaan bapaknya. Juga pada kasus sebaliknya.

 

Karena itu, orang tua harus kompak mendidik anak. Di hadapan anak, jangan sampai beda pendapat untuk hal2 yang berhubungan langsung dengan persoalan mendidik anak. Pada saat salah satu dari kita sedang mendidik anak, maka pasangan kita harus mendukungnya.

 

Contoh, ketika si Ibu mendidik anaknya untuk berlaku baik terhadap si Kakak, dan si Ayah mengatakan ,”Kakak juga sih yang mulai duluan buat gara2…”. Idealnya, si Ayah mendukung pernyataan, “Betul kata Mama, Dik. Kakak juga perlu kamu sayang dan hormati….”

 

8-Campur tangan kakek-Nenek, tante atau pihak lain

Saat kita sudah berusaha kompak dan sepaham satu sama lain mendidik anak2, tiba2 ada pihak ke-3 yang muncul dan cenderung membela si anak. Pihak ke-3 yang dimaksud seperti kakek, nenek, om, tante, atau pihak lain di luar keluarga inti.

 

Seperti pada kebiasaan ke-7 (Papa dan Mama tidak Kompak), dampak ke anak negatif bila satu rumah terdapat pihak di luar keluarga inti yang ikut mendidik pada saat keluarga inti mendidik; Anak akan cenderung berlindung di balik orang yang membelanya. Anak juga cenderung melawan orang tuanya.

 

Pastikan dan yakinkan ke siapa pun yang tinggal di rumah kita untuk sepakat mendidik dan tidak ikut campur saat proses pendidikan dilakukan ortu. Berikan pengertian dengan bahasa yang bisa diterima dengan baik oleh pihak ke-3. Bersambung…….; Tjokroaminoto360; (https://tjokroaminoto360.wordpress.com/2010/08/29/37-kebiasaan-orang-tua-yang-menghasilkan-perilaku-buruk-pada-anak/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close