RSS Feed     Twitter     Facebook

Lebih sehat mana buah di jus atau smoothie

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 29 views    Font size:
Lebih sehat mana buah di jus atau smoothie

Jakarta-Minuman sehat jadi topik yang sering dibicarakan masyarakat. Terutama jika ngomong kandungan gizinya, tak sedikit orang yang sangsi mana dari jus atau smoothie yang lebih menyehatkan. Seperti diketahui, jus diolah dengan cara diblender lalu bisa disaring atau tidak.

 

Sedangkan smoothie juga diblender, namun tidak disaring dan umumnya dicampur dengan beberapa jenis buah dan sayur. Jadi di antara dua minuman itu mana yang lebih menyehatkan?

“Apa lebih baik, smoothie atau jus? Pendapat saya ada pro dan kontra untuk masing2 minuman, sehingga yang lebih baik, kembali pada kebutuhan pribadi masing2, mana yang tepat untuk Anda,” ungkap ahli gizi dan ahli diet teregistrasi, Cynthia Sass.

Sass mengatakan smoothie umumnya campuran dari seluruh makanan yang berarti ada sayurannya. Manfaat smoothie adalah kemampuannya untuk menambahkan bahan bergizi. Smoothie dapat juga dicampurkan dengan alpukat, almond dan mentega, bahkan jahe segar. Keseimbangan yang didapat dari smoothie membuatnya bisa jadi makanan pembantu pemulihan sehabis sakit.

Tapi, Sass menekankan smoothie yang dikonsumsi sangat banyak dapat menyebabkan kalori menumpuk dan dapat menyebabkan kegemukan. Berbeda dengan jus. Menurut dia, jus adalah cara yang bagus untuk mengatasi kesenjangan gizi yang sangat serius.

“Misal, salah satu klien saya tidak suka sayuran, tapi dia minum jus hijau tiap hari, dicampur apel. Dan untuk banyak atlet profesional, mengonsumsi jus yang cair memungkinkan mereka memangkas waktu konsumsi dan mendapatkan gizi yang mereka butuhkan,” tutur Sass, dikutip dari Fox News.

Walau jus mengandung ekstrak nutrisi, tetapi jus hanya sedikit serat. Ini membuat jus kurang mengenyangkan dibanding smoothie atau buah utuh. Karena serat kurang, jus dibuat dengan buah atau sayuran bergula tinggi (bit dan wortel). Hal itu akan membuat gula darah melonjak dengan cepat.

“Jika Anda minum jus sesuai porsi itu bagus. Tapi, jika makanan Anda (makanan ringan penuh sayur2an dan buah2an, kandungan gizi dari makan sudah cukup untuk kebutuhan tubuh Anda,” tutup Sass. (rdn/vit; Hillariana ID; https://health.detik.com/read/2016/05/23/083703/3215182/766/buah-dijadikan-jus-atau-smoothie-mana-yang-lebih-menyehatkan)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code