Kesehatan

Makanan sehat yang di hindari Nutrisionis di Supermarket

Jakarta-Pilihan menu makanan sehat makin beragam di supermarket. Hati2lah, nutrisionis mengatakan makanan2 sehat di supermarket tak benar2 sehat. Isadora Baum, nutrisionis yang pendiri gerakan Life for You Now Coaching mengatakan makanan sehat di supermarket bisa tak berefek yang Anda inginkan.

 

Sebabnya, makanan2 itu mengandung bahan lain yang menghilangkan manfaat kandungan utamanya. Lalu, apa saja contoh makanan sehat yang tidak benar-benar sehat? Dikutip dari Health.com, berikut 6 di antaranya:
1-Yogurt dengan perasa
Baum mengatakan yogurt bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Selain mengandung serat, yogurt juga mengandung protein dan vitamin. “Namun hindarilah yogurt yang dijual dengan rasa buah dsb. Kandungan gula dalam produk itu bisa menyaingi permen,” tutur Baum.
2-Keripik sayur
Keripik sayur jadi tren baru camilan sehat mengganti keripik kentang. Tapi tak semua keripik sayur dapat dikategorikan camilan sehat. “Keripik sayur, yang digoreng dengan tepung, mengandung sari kentang, terigu, hingga jagung. Kalori totalnya bisa 130 kalori, setara keripik kentang yang biasa Anda makan,” tutur Cynthia Sass, RD, penulis buku Slim Down Now.
3-Selai kacang bubuk
Selai kacang bubuk diminati karena rendah kalori dan lemak. Kelebihan itu dikatakan Christy Harrison, RD, MPH sebagai kekurangan utamanya. “Kenapa selai kacang asli lebih sehat? Selai kacang asli dibuat dari kacang sehingga mengandung banyak lemak baik bagi tubuh dan membuat Anda cepat kenyang”.
4-Salad dressing instan
Salad dressing instan yang dijual di supermarket mengandung gula, fruktosa dan pewarna buatan. Megan Roosevelt, RD, pemandu acara The Healthy Grocery Girl Cooking Show, lebih baik Anda membuat salad dressing sendiri daripada membeli yang sudah jadi.

“Membuat salad dressing sehat sangat mudah. Anda hanya perlu minyak zaitun, lemon, cuka apel dan sedikit garam serta lada,” tuturnya.
5-Roti gandum utuh
Roti gandum utuh jadi alternatif roti tawar yang disebut ber-indeks glikemik tinggi. Padahal menurut Mark Sherwood, penulis The Quest for Wellness, tidak semua roti gandum utuh ber-indeks glikemik  rendah. “Sebagian merek roti gandum utuh ber-indeksi glikemik 69. Ini tinggi dan bisa menaikkan kadar gula darah, yang berujung pada penumpukan lemak,” tuturnya.
6-Jus buah
Jus buah mengandung serat, vitamin serta mineral dari buah. Hanya, sebagian besar jus buah yang dijual di supermarket mengandung kadar gula dan pemanis buatan yang amat tinggi.

“Kandungan gula yang tinggi ini mengacaukan proses penyerapan vitamin dan mineral tubuh. Sehingga manfaat yang Anda cari tidak didapat,” ungkap Natalie Rizzo, RD, nutrisionis dari New York City.(mrs/vit; https://health.detik.com/read/2016/05/13/183531/3210110/766/6-makanan-sehat-di-supermarket-yang-dihindari-nutrisionis)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close