Aku cinta Indonesia

Pesawat Sukhoi ditukar BBM Sawit dan biji Kopi

Bangkapos.com; Jakarta-Pemerintah akan membarter komoditas2 nasional dengan 11 pesawat Sukhoi SU-35 dari Rusia. Barter itu terealisasi seiring ditekennya MOU antara BUMN Rusia, Rostec, dengan BUMN Indonesia, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia.

 

Mengutip Kontan (4/8/17), pesawat Sukhoi hasil barter itu untuk mengganti armada F-5. “Imbal dagang di bawah supervisi kedua pemerintah ini diharapkan terrealisasi melalui pertukaran 11 Sukhoi SU-35 dengan produk2 ekspor Indonesia dari kopi dan teh hingga minyak kelapa sawit dan produk2 industri strategis pertahanan,” kata Mendag Enggartiasto Lukita, dalam keterangannya.

 

Mendag berharap agar kesepakatan imbal dagang kali ini disusul kesepakatan serupa menyangkut produk atau sektor lain. Kesempatan itu kini terbuka karena Rusia menghadapi embargo perdagangan dari AS, Uni Eropa, serta sekutu2nya terkait isu keamanan dan teritorial.

 

Rusia membalas dengan mengenakan sanksi pembatasan impor dari negara2 itu. Akibat embargo dan kontra embargo ini, Rusia perlu sumber alternatif memenuhi kebutuhan pangan, termasuk buah2an tropis, serta produk esensial lainnya.

 

“Ini peluang tak boleh hilang dari genggaman kita. Potensi hubungan ekonomi memanfaatkan embargo dan kontra embargo ini melampaui isu2 perdagangan dan investasi biasa karena kita melihat peluang di bidang pariwisata, pertukaran pelajar, kerja sama energi, teknologi, kedirgantaraan, dsb” ujar Enggar.

 

Perdagangan bilateral antara Indonesia dan Rusia dapat dikatakan masih sangat rendah dibanding potensinya. Pada tahun 2012 total perdagangan kedua negara hanya mencatat 3,4 miliar dollar AS dengan defisit di pihak Indonesia sebesar 1,6 miliar dollar AS.

 

Nilai perdagangan dan defisit yang sama dicatat th 2013 sebelum perdagangan bilateral turun jadi 2,6M dollar AS tahun 2014 dan 1,9M dollar AS tahun 2015 yang dibarengi perbaikan posisi neraca bagi Indonesia. Tahun 2015 Indonesia mulai surplus perdagangan senilai 1,1 juta dollar AS dengan Rusia.

 

San meningkat jadi 411 juta dollar AS tahun 2016. (Berita ini diambil dari kontan.co.id dengan judul: RI tukar kopi dan CPO untuk 11 Sukhoi Rusia dan http://bangka.tribunnews.com/amp/2017/08/04/rusia-setuju-kopi-teh-dan-cpo-ditukar-11-pesawat-sukhoi)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close