Iptek dan Lingk. Hidup

Bagaimana Korea Utara mendanai Nuklirnya(3/3)

Apa dampak Terburuk jika AS serang Korut

Dampak terburuk pertama akan dirasakan 10 juta penduduk Seoul. Dubes AS untuk PBB Nikki Haley menyampaikan pada rapat darurat DK PBB di New York, AS tidak ingin perang, namun kesabaran negaranya “tidak tak terbatas” dan Kim Jong-un “meminta perang”.

 

AS akan ajukan resolusi PBB memperkuat sanksi yang akan dibahas negara anggota, namun Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut sanksi2 “tak berguna, tidak efektif dan melelahkan”. Cina, sekutu utama Korut, minta kembali ke negosiasi dan Swiss menawarkan diri melakukan mediasi.

 

Jika perang terbuka, maka berdampak sangat buruk, terutama dari sisi korban jiwa. Perang terbuka akan melibatkan penggunaan senjata nuklir yang pertama kali digunakan sejak masa menjelang berakhirnya Perang Dunia Kedua dan ini mengerikan dan menjadi preseden baru dalam hubungan internasional.

 

Dan setelah penghancuran luar biasa, Korut mungkin tidak akan ada lagi. Namun ini adalah skenario terburuk, karena itu ada harapan Pyongyang rasional dan paham risikonya.

 

Apa motivasi peluncuran Rudal ini?

Minimnya akses intelijen pada pemikiran pemimpin Korut, Kim Jong-un, menyulitkan analisis akan motivasi di belakang peluncuran roket uji coba ini. Beberapa analis yang dikutip New York Times menyebut langkah Kim Jong-un ini perpaduan strategi, pertahanan diri dan narsisisme akan nuklir.

 

Uji coba nuklir dan peluncuran roket bisa membuat Kim jadi pemimpin yang harus diperhitungkan  Presiden AS Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping. Kemungkinan lain Kim percaya, jika dia bisa serang AS, maka negara itu tidak akan melakukan hal sama padanya seperti yang dilakukan pada Muammar Gaddafi, pemimpin Libia yang kini meninggal dunia.

 

Penasihat2 Trump dan pakar percaya lewat peluncuran ini, Kim memaksa AS untuk mengangkat sanksi dan menarik tentaranya dari Korsel. Namun, kondisi Korut yang terisolasi dan sedikitnya akses info serta intelijen asing ke negara itu, sulit  diketahui motif Kim Jong-un menguji coba roket. Bersambung……

Monggo lengkapnya di : (http://www.bbc.com/indonesia/dunia-41158713)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close