Kesehatan

Belajar jadi ayah ideal

Keterlibatan ayah mendidik dan membesarkan anak sama pentingnya dengan peran ibu. Banyak hal bisa ayah ajarkan ke anak. Penelitian membuktikan, ayah yang ikut terlibat mengasuh anak bisa membuat  anak lebih percaya diri. Karena itu, Anda perlu luangkan waktu bermain dan belajar bersama anak.

 

Kebersamaan Anda meminimalisir kehilangan momen tumbuh kembang anak yang tak bisa diulang. Saat Anda terlibat pengasuhan, akan ada hal2 yang hilang dalam kehidupan Anda. Namun hal2 yang hilang itu terganti tumbuh kembang anak yang optimal. Hal2 yang bisa dilakukan peran sebagai ayah :
Waktu main Gadget
Ketika jadi ayah, kurangi frekuensi main gadget. Jika biasanya  Anda perlu 3 jam main gadget, kurangi.  Belajarlah cara merawat bayi istri. Misal ganti popok / memandikan bayi. Anda dan istri makin harmonis, dapat  bonding dengan anak.

 

Waktu hang out
Setelah jadi ayah bukan berarti Anda kehilangan waktu hang out dengan teman. Anda harus batasi acara itu. Seringlah berada di rumah bersama keluarga. Sehingga meminimalisir kehilangan momen tumbuh kembang anak.
Waktu ke bengkel
Anda hobi otomotif?, batasilah frekuensi ke bengkel. Karena makan banyak waktu dan biaya tak sedikit. Alokasikan 3-4 minggu 1x mengecek kendaraan. Sisa waktu lain, gunakan jalan2 bersama keluarga Anda.
Waktu nonton pertandingan
OR dan pria seperti 2 sisi mata uang. Tidak ‘plong’ jika tidak nonton pertandingan, seperti bola, jika tidak sampai akhir babak. Buat kesepakatan dengan istri, agar nonton pertandingan dan merawat anak berjalan seiringan.

 

Waktu OR
OR harus rutin untuk kebugaran tubuh, hanya waktu yang Anda alokasikan ber-OR tidak berlebihan. Berikan 30-60 menit ber-OR 3-4x seminggu. Sebagai langkah cerdas, Anda ajak keluarga Anda ber-OR di akhir minggu. (Mahmur Marganti)

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/belajar-menjadi-ayah-ideal-untuk-keluarga)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close