Opini dan sukses bisnis

Peluang bisnis Untuk Pensiunan Mantan Jaringan

Pemkot Bandung mengharapkan semua jaringan atas tanah  bertahap pindah ke bawah pakai ducting.
Pemerintah Pusat sudah merestui..

(Senin 18/9/17;  Bandung Realisasikan KotaTanpaKabel Udara; Tri Ispranoto – DetikNews)
Bandung-Pemkot Bandung menata kota dengan memindahkan kabel2 tergantung di udara dengan media tiang ke bawah tanah badan jalan atau trotoar.

Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo Ismail mengatakan “Ini bentuk sinergi 2 sisi. Bukan melarang kabel udara, tapi juga sudah menyiapkan ducting di bawah,” ujar Ismail usai Ceremonial Pemotongan Kabel Udara Dalam Rangka Program Bandung Tanpa Kabel di Aula YPK Disbudpar Jabar, Jalan Naripan Bandung (18/9/17).

Pemindahan kabel ke bawah tanah tentu ada untung-ruginya. Dari segi tata ruang, kota makin indah dan masa pakai kabel lebih lama. Saat terjadi kerusakan jaringan, kabel udara lebih mudah diperbaiki dibanding bawah tanah.

Pencanangan itu di sejumlah tempat (di gang) sulit diterapkan tanpa kabel. Sehingga butuh kabel udara. Ismail mengatakan pemerintah tengah menyiapkan pedoman infrastruktur broadband sebagai landasan pembangunan dan pelayanan. Salah satunya mencanangkan agar satu tiang bisa digunakan bersama.

“Namanya tiang bersama. Fungsinya untuk kabel2 dan bisa jadi sarana penerangan jalan”. Kadis PUK Bandung Iskandar Zulkarnain menjelaskan kini Jalan Naripan jadi pilot project Bandung Tanpa Kabel. Nantinya seluruh kabel di Jalan Naripan dipindahkan ke ducting di bawah trotoar.

Sejauh ini, kata Zul, pemindahan fokus pada jalan2 etalase Kota Bandung seperti Braga, LL RE Martadinata (Riau) dan Jalan Ir H Juanda (Dago). “Bandung ini jalannya 1.200 KM kita baru 31 KM (ducting). Jadi diupayakan kota dulu jadi etalase. Jalan Naripan 1,6 KM menghabiskan Rp 1,6M. Jadi butuh biaya”.

Pihaknya tidak bisa menargetkan Bandung bebas dari kabel udara. Sebab pemerintah tak ingin keberadaan program memperindah kota malah merugikan instansi lain jika belum tersedianya ducting.

Dalam acara itu simbolis Ismail dan Iskandar naik memotong kabel2 yang tergantung di persimpangan Jalan Naripan – Jalan Braga. Selanjutnya akan dilakukan di sepanjang Jalan Naripan untuk dipindah ke ducting. (Agus Suryono dari FB-ILP; sumber dari : avi/avi; Tri Ispranoto)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-3647628/bandung-realisasikan-kota-tanpa-kabel-udara)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close