Wisata dan Kuliner

Untuk Backpacker yang pertama ke Bintan

Jakarta, Kompas.com-Panorama menakjubkan, populasi sedikit, dan infrastruktur terus berkembang membuat Pulau Bintan jadi primadona turis khususnya Wisman. Mayoritas wisman dari Singapura, Australia, dan China. Popularitasnya wisman membuat biaya ke sana mahal bagi wisatawan nusantara.

 

Namun Kadispar Bintan, Lucky, mengatakan Bintan ramah untuk backpacker domestik. “Ada triknya, tak semua wisata di Bintan eksklusif,” ujarnya usai Konferensi Pers Ironman 70.3 Bintan di Jakarta (12/7/17).

 

Akses

Kita bisa gunakan jalur udara, dari Jakarta, banyak penerbangan ekonomi mulai Rp 478.000. Maskapai ekonomi penerbangan Jakarta-Tanjung Pinang ialah Citilink, Lion, Sriwijaya, dan Nam Air. Sesampai di Bandara Raja Haji Fisabilillah, kita gunakan taksi tanpa argo, jadi Anda harus pintar2 nego.

 

Penginapan

Backpacker, disarankan ambil penginapan di luar / sekitar Lagoi. “Banyak hotel, motel dsb di sekitar Lagoi yang low budget. Harga sesuai fasilitas dan kebutuhan. Mulai Rp 200.000″ terang Lucky.

 

Destinasi

Banyak destinasi merupakan public spot di Bintan. Beberapa pantai tak perlu biaya masuk. Seperti di Pantai Lagoi, hanya sewa gazebo kayu untuk istirahat. Ada juga pantai2 menarik, wisata budaya, hingga padang pasir menawan.

 

Waktu terbaik

Untuk backpacker tentu di luar peak season, hindari liburan Singapura dan liburan China. “Hindari liburan turis asing. Biasanya permintaan meningkat kan harga naik,” ujarnya.

 

Makanan

Anda bisa cari masakan tradisional. Tipe sajian street food lebih menggugah selera. Bintan punya makanan khas yakni Gong2 Bintan, selain aneka seafood berharga terjangkau.

 

Transportasi

Kendaraan umum di sini minim. Anda bisa sewa mobil / motor bertarif seperti di P-Jawa, Rp 300.000 / hari (minibus tanpa supir). Ada baiknya cari dulu via internet sebelum ke sana. Selain sewa kendaraan, Anda harus maksimalkan fasilitas hotel. Layanan antar jemput dari hotel2 berguna agar gak bawa sewa.  (Muhammad Iezal Adikurnia; Sri Anindiati Nursastri)

 

Monggo lengkapnya klik aja :    (http://travel.kompas.com/read/2017/07/13/180400027/jangan-takut-mahal-ini-tips-untuk-backpacker-yang-pertama-kali-ke-bintan)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close