Wisata dan Kuliner

Video Wisata Indonesia juara umum UNWTO

Viva.co.ic-Fantastik! Keren! Video pariwisata Wonderful Indonesia: The Journey of a Wonderful World akhirnya juara dunia. Dua kategori diborong tuntas, di kompetisi video wisata dunia yang digelar UNWTO, Lembaga PBB yang bergerak di bidang pariwisata.

 

Diumumkan saat 22rd General Assembly UNWTO di Intercontinental Century City Convention Center Hotel, Chengdu, Tiongkok, award itu diterima Menpar Arief Yahya. Pria asli Banyuwangi ini ber-kaca2 begitu dipanggil kali kedua ke mimbar. Agak lama dia terdiam, “Membanggakan!” ucap Arief Yahya singat, sambil pegang bendera Merah Putih.

 

Banyak delegasi negara2 anggota UNWTO yang memberi ucapan selamat. Tapi bukan itu yang membuatnya haru. Pertama, Indonesia juara di 2 kategori. Winner UNWTO Video Competition 2017 Region East Asia and Pacific dan kategori People’s Choice Award 2017.

Kedua, ini pertama sejarah Kompetisi video pariwisata UNWTO. Indonesia, satu2nya tercatat sejarah, dapat juara ke-dua2nya. Karena itu, ini momentum kemenangan dari 63 negara dan membanggakan. “Ini surprise. Kami tidak menyangka di kategori ini juara,” kata Arief Yahya.

 

Pesaing di Asia Timur dan Pasifik itu, bagus2. Kalau di medsos, video2 pendek 30 detik yang diviralkan Selandia Baru, Australia, Korea, Jepang itu bagus2. “Video kita lolos dari juri UNWTO yang standar dunia,” kata Arief.

 

Ketiga khusus kategori People’s Choice, dari e-voting seluruh masyarakat dunia, Indonesia juara. “Terima kasih pada Pak Presiden Jokowi, yang mengajak vote melalui akun FB-nya. Terima kasih juga pada masyarakat di dunia yang memilih video Indonesia sehingga juara!” ucap Menpar Arief Yahya.

 

Kekuatan Jokowi mengajak publik dan netizen nge-vote teruji. Dalam waktu 2×24 jam, sejak Presiden Jokowi memposting ajakan vote di FB, suara yang masuk melejit hampir 50 ribu voters.

 

“Maju serentak tentu kita menang!” lanjut Menpar dari lagu Maju Tak Gentar karya pejuang Cornel Simanjuntak. Kata2 sakti itu sering diucapkan Arief mengajak bersatu dalam spirit Indonesia Incorporated. Video Indonesia bagus. Destinasinya : Jakarta Wakatobi, Raja Ampat, Sumut, Lombok Makasar, dan Banyuwangi. Soundtracknya kelas dunia, What A Wonderful World oleh Louis Armstrong.

 

Saking bagusnya, video itu diputar 2x, saat menerima 2x awards, masih dipuji audience dan ter-riuh tepuk tangannya. Itu indikator, videonya bermutu. Menpar menyebut ini branding kuat. Makna kemenangan itu 3C. “Secara internal menaikkan Confidence Level. Secara ekaternal memperkuat Credibility. Dan lolos dari Calibration melalui global standart (kriteria berkelas dunia)” kata Arief.

 

Juara Hasil Voting terbanyak: Indonesia (People’s Choice Award)-Juara video terbaik Regional:
1-Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Africa – Tunisia.
2-Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Americas – Chili.
3-Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for East Asia and the Pacific  – Indonesia.
4-Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Europe – Swiss.
5-Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Middle East – Mesir.
6-Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for South Asia – Bhutan. (Ririn Aprilia)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  http://www.viva.co.id/berita/nasional/957420-video-pariwisata-indonesia-juara-umum-di-unwto)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close