Wisata dan Kuliner

Cicipilah Nasgor Yakimeshi Khas Jepang

Jakarta, Kompas.com-Nasi goreng (Nasgor) tentu tak asing di telinga kita. Nasi digoreng dengan  macam2 bumbu dan lauk jadi hidangan sarapan hingga makan malam yang populer. Tapi Nasgor yang satu ini berbeda dengan umumnya.

 

Namanya Yakimeshi, nasi goreng khas Jepang. Hal yang membedakan Yakimeshi dengan nasi goreng lain bahan baku dan bumbu yang terbilang sangat sederhana. “Nasgor ala Chinese identik dengan isi yang banyak dan variasi bumbu2. Kalau nasi goreng Jepang berbeda.

 

Bahannya simpel, menggunakan telur, daun bawang, bawang putih, dan jamur, dicampur dengan nasi dan bumbunya itu hanya kecap asin, sedikit butter dan dashinomoto (semacam kaldu)” tutur Khairul, koki Maison Tatsuya saat ditemui KompasTravel di Gandaria City (18/10/17).

 

Proses masaknya ala teppanyaki, wajan besar untuk menumis khas Jepang. Khairul mulai memasak jamur, memasukkan cacahan bawang putih dan daun bawang pakai minyak dan kecap asin. Proses masak lanjut memasukkan nasi dan telur. Koki itu melakukan teknik masak unik : Juggling, dan trik me-lempar2kan telur dengan spatula tanpa terjatuh.

 

“Kalo ngajak keluarga, anak2 suka banget atraksi2 gini”. Nasi yang teraduk dengan telur dicampurkan jamur dan bawang putih cacah. dashinomoto dicampur menambah rasa dan gurih. Kecap asin disiram ke atas Yakimeshi.

 

“Kita tidak pakai MSG/mecin, pakainya dashinomoto. Jadi itu seperti perasa terbuat dari sari pati ikan dan lebih sehat,” tutur Khairul. Setelah tercampur rata, dia menaruh porsian Yakimeshi ke mangkuk2 pengunjung yang tersedia di meja counter.

 

Yakimeshi lebih gurih karena perpaduan bahan baku yang sederhana. Dashinomoto yang jadi Yakimeshi terasa gurih. Aroma bawang dan jamur mendominasi. Yakimeshi dijual Rp 55.000/porsi. Bagi yang tertarik coba teppanyaki, Maison Tatsuya juga menghadirkan macam2 varian paket teppanyaki yang termasuk Yakimeshi.

 

Maison Tatsuya berlokasi di  berlokasi di Gandaria City (Mainstreet GF), Kota Kasablanka (Food Society Ground Floor), dan AEON Mall BSD City-Ground Floor.  (Wienda Putri Novianti; Sri Anindiati Nursastri)

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://travel.kompas.com/read/2017/10/20/070500027/mencicipi-yakimeshi-nasi-goreng-khas-jepang)-FatchurR

 

Catatan : terlalu mahaal?, perlu dicoba memasak sendiri (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close