Aku cinta Indonesia

Di Banyuwangi disiapkan Mal Layanan Publik

Banyuwangi-Pemkab Banyuwangi siap membuka mal pelayanan publik terpadu. Bupati Banyuwangi AA Anas mencek bakal lokasi pelayanan publik itu di bekas bangunan Mall of Sri Tanjung (MOST) (2/10/17)

Dikatakannya, mal pelayanan publik terpadu kian memudahkan warga mengurus dokumen2, mulai dari administrasi kependudukan (KTP, kartu keluarga, akta kelahiran dan akte kematian, izin usaha, retribusi daerah, hingga SIM, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), serta paspor.

“Setahun lalu telah dirancang mal pelayanan publik, tapi kita harus tunggu masalah aset MOST. Jadi kita kebut mal ini. Semua sistem dan SDM kita integrasikan. Urus apapun di sini. Kita akan uji” ujar Anas tertulis yang dikirim ke SINDOnews (2/9/17).

Anas telah difasilitasi Kemen-PAN-RB untuk mengunjungi mal pelayanan publik di Azerbaijan dan Georgia. Anas melihat ASAN Xidmat, institusi pelayanan publik terpadu di Azerbaijan, ditetapkan terbaik oleh PBB dalam United Nation Public Service Award (UNPSA).

“Di Azerbaijan, mal pelayanan publik terpadu melayani 400-an urusan warga. Kami ingin di Banyuwangi diterapkan bertahap, kita lengkapi dan sempurnakan. Kami bicarakan dengan kepolisian dan Ditjen Imigrasi agar pelayanan terkait urusan kepolisian serta keimigrasian dipindah di sini” ujar Anas.

Dengan mal pelayanan publik, pelayanan jadi ringkas, transparan dan bersih. “Tak ada pungutan liar. Kalau ada layanan yang mewajibkan perlu retribusi daerah, bisa bayar ke loket bank yang disediakan di sini”. Dari sisi sumber daya manusia (SDM), imbuh Anas, SDM Pemkab Banyuwangi harus dipaksa siap.

“Warga perlu kepastian, transparansi dan percepatan. Saya sudah konsultasi ke pemerintah pusat, petugas garda depan pelayanan atau frontliner boleh diberi insentif agar kinerjanya makin oke dan menutup celah pungli” kata bupati (44) ini.

Di mal pelayanan publik ramah penyandang disabilitas dengan fasilitas penunjangnya. Dia tambahkan, mal pelayanan publik disiapkan di tengah kota. Pemkab Banyuwangi juga menyiapkan di wilayah lain.

“Banyuwangi ini daerah terluas di Jawa, tempat dengan fungsi serupa kita siapkan di wilayah selatan di Kec-Genteng, tapi tahap awal ini terus disempurnakan. Di sana tidak perlu bangun baru, biar hemat manfaatkan aset yang ada,” tandas Anas. (sms; SM Said)

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://daerah.sindonews.com/read/1244781/23/bupati-anas-siapkan-mal-pelayanan-publik-urus-apa-pun-di-satu-tempat-1506939862)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close