Pengalaman Anggota

Kuliner-Buah Alpukat- Kaya Manfaat dan Nikmat

Buah alpukat itu kaya manfaat untuk kesehatan, di antaranya alpukat kaya potassium, vit-E, lutein, beta-sitoserol, dan nutrisi penting lain yang berguna bagi kesehatan. Alpukat bisa melindungi diri dari penyakit mata, menurunkan kolesterol, merendahkan tekanan darah dan melembabkan kulit.

Kandungan itu lebih banyak di sisi luar buahnya. Makanya kalau makan alpukat, kurang bagus kalau daging buahnya diambil dengan sendok, sebab bagian daging yang dekat kulit tertinggal. Cara bagus  membuang kulit luarnya dengan tangan, kalau alpukatnya matang. Dibantu pisau juga boleh. Sebelumya alpukat dibelah (tidak dengan bijinya) menjadi dua atau empat juga boleh.

Bagaimana cara menikmatinya? Banyak cara. Tapi kalau caranya ribet, mungkin anda nggak jadi makan alpukat dan anda kehilangan menikmati manfaat alpukat yang segudang itu. Iya kan? Berikut cara menikmati alpukat yang mudah dilakukan.

Langkah pertama, kalau alpukat sudah dibuang kulitnya, potong2 jadi seperti dadu, sebesar satu ruas jari. Tidak seperti itu juga gak apa2. Yang penting satu potong kira2 pas satu suapan ke mulut. Tapi mau dipotong memanjang juga boleh. Taruh di wadah, piring atau semacamnya. Oh ya, kalau ada bagian yang busuk (berwarna coklat tua atau hitam) ya dibuang saja.

Ambil garpu kecil untuk buah, garpu makan atau tusuk gigi juga boleh, sendok makan atau sendok teh juga boleh, mana yang termudah. Tusuk (atau ambil dengan alat itu) sepotong dan makanlah. Teruskan sampai potongan habis. Rasanya? Ini baru rasa aplukat yang “original”, asli. Agak manis, aroma khas, wah pokoknya enak “tenannnnn”, apalagi kalau alpukatnya sudah matang benar.

Kalau anda belum terlatih (makan seperti itu), berlatihlah pasti bisa. Makan cara ini, sama dengan orang yang bisa minum kopi atau teh tanpa gula, atau makan lalapan daun kol kemangi dan atau buah leunca. Kalau anda belum bisa, ada cara kedua. Tetap seperti di atas, hanya di wadah tadi, potongan alpukat ditaburi gula pasir. Makanlah dengan garpu atau sendok tadi.

Cara ketiga, tetap seperti di atas, hanya di wadah, potongan alpukat anda tuangi (sedikit2) dengan susu kental manis (SKM). Yang putih atau coklat boleh. Bisa juga anda menggunakan SKM dalam sachet kalau alpukat yang dimakan sedikit. Cara ini “maknyussss”. Anda mau mencoba? Cobalah.  (Widharto KS-2017; dari grup FB-ILP)-FR

Catatan : Gambar diambil dari internet.

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close